Arti Sahabat dari Spongebob dan Patrick

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Siapa sih yang nggak kenal film spongebob squarepants, salah satu film kartun yang sering disiarkan oleh salah satu tivi swasta dan mungkin di seluruh dunia.

Banyak hikmah yang bisa diambil dari kartun tersebut diantaranya adalah makna persahabatan yang diajarkan oleh spongebob dan temannya patrick star, bintang laut berwarna merah muda yang tambun dan selalu membuat film menjadi lebih bewarna.

Persahabatan mereka dimulai semenjak bayi . .  dan mungkin sampai di liang lahat (waktu episode spongebob akan mencuri kotak rahasinyanya patrick ).

Patrick merupakan contoh sahabat yang paling setia, bahkan di salah satu episodenya ia pernah ditanya oleh spongebob : “apa yang kamu lakukan saat aku pergi ?” dan jawabnya adalah menunggunya kembali.

Hal ini, mengajarkan bahwa sahabat itu tak akan terpisah walau terpisah oleh jarak, tetapi dimanapun juga mereka berada, mereka pasti akan saling mencurahkan perhatiannya dan suatu saat pasti akan kembali lagi.

Lalu, ketika spongebob menjadi kaya, dan kemudian dia meninggalkan patrick . . lalu sadar bahwa teman-teman yang ada padanya itu ternyata hanya menginginkan uangnya saja.  Spongebob pun kembali ke patrick dan memohon seraya berkata :” kalau uang bisa membuatku melupakan sahabat terbaikku, maka aku lebih memilih untuk tidak punya uang sama sekali”

Patrick pun juga sama, ketika ia berubah menjadi pintar karena otaknya tertukar di ladang otang, kemudian ia mengatakan “pengetahuan tidak dapat menggantikan persahabatan. Aku (Patrick) lebih suka jadi idiot daripada kehilanganmu (Spongebob)”

Hal ini mengajarkan bahwa arti sebuah sahabat itu tidak dapat diukur dengan uang.  Sahabat itu adalah orang-orang yang berada di sekelilingmu, dan memberikan kamu semangat, bantuan, canda tawa ketika engkau dalam kesenangan, dan dukungan ketika engkau dalam kesusahan.

Seorang sahabat walau ia terluka hatinya, walau sahabatnya sedang khilaf, dia tetap akan sabar menghadapi sahabatnya tersebut, seperti yang dilakukan oleh patrick ketika ia dituduh mengambil jaring ubur-ubur milikspongebob : “Tak apa kawan.. aku mungkin hanya bintang laut yang jelek.. lebih baik aku pergi dari bikini bottom.. ini, ambil saja barang2ku.. tapi aku tak pernah mengambil jaring mu kawan..”

 

Dan yang terakhir adalah Teman itu adalah kekuatan, maka jagalah sahabatmu dan jangan sampai engkau menyesal karena telah menyia-nyiakannya, berikan senyuman hangat untuknya tiap hari, karena dengan sahabatengkau akan menjadi lebih bewarna.  Walau terkadang ada pertikaian diantara kalian, percayalah itu hanyalah ujian sejauh mana persahabatanmu itu dan kunci untuk menyelesaikannya adalah dengan saling pengertian ^_^.

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Leave a Comment