Cara Membuat Proposal

Meneliti atau melakukan Riset merupakan hal yang sangat menarik terutama untuk mahasiswa di lingkungan MIPA, akan tetapi beberapa orang yang meneliti biasanya mempunyai kesulitan dalam hal penulisan.

Penelitian atau Riset diawali dari pembuatan proposal, nah bagaimana langkah-langkah untuk membuat proposal tersebut, berikut akan saya paparkan disini :

  1. Membuat Judul

    Judul harus berisi tentang masalah, variable, serta objek dalam penelitian tersebut. Tambahkan metodenya juga. Contoh :

    Analisis Kepuasan Konsumen pada PT. Maju Mundur dengan menggunakan Metode AHP.

  2. Latar Belakang

    Ceritakanlah mengapa Anda tertarik untuk melakukan penelitian tersebut dan juga betapa pentingnya penelitian terhadap masalah tersebut, buatlah se miris dan se iba mungkin sehingga kondisi yang seharusnya dan fakta menjadi sangat bertolak belakang, tentu hal ini harus diimbangi dengan data-data (lebay boleh tapi harus pakai data 😀  ). Tunjukkan bahwa yang anda teliti ini merupakan penelitian yang penting dan terbaru.

  3. Rumusan Masalah

    Ceritakan Masalah yang akan diteliti sehingga diharapkan dapat solusi dari penelitian itu, tentu harus relevan dengan latar belakang masalah yang sebelumnya dibahas.

    Biasanya berupa kalimat tanya

  4. Batasan Masalah

    Masalah merupakan perbedaan antara hal yang seharusnya dengan hal yang ada, nah hal yang ada disini kan banyak sekali, maka dibutuhkan suatu batasan. Batasan sejauh mana peneliti akan melakukan penelitian terhadap masalahnya tersebut.

  5. Tujuan dan Manfaat

    Rumusan Masalah tadi kan merupakan kalimat tanya, maka dalam tujuan ini merupakan jawabn dari rumusan masalah tadi :-D.

  6. Metode Penelitian

    Jelaskan Metode yang dipakai dalam penelitian tersebut seperti yang tadi telah disebutkan dalam judul, cara meneliti (pengumpulan data, alat yang digunakan dll).

  7. Penetuan Jadwal

    Jadwal ini harus ditentukan juga, tujuannya agar penelitiannya tetap disiplin dan terarah. Dalam membuat Jadwal ini masukkan point2 pokok saja, misal kapan akan survei, membeli perlengkapan dll.

    Jangan masukkan hal yang tidak terlalu berhubungan dengan penelitian misal : ketemu dengan pembimbing,  Jadwal Revisi Proposal dll =.=

  8. Anggaran Biaya

    Jika dibutuhkan biaya, silakan pakai rincian biaya yang logis.

    Boleh menambahkan honor untuk peneliti, maksimal 30 %

Nah itu tadi, langkah-langkah dalam menulis proposal Riset, mohon dikoreksi kalau ada yang salah, soalnya juga sumbernya dari catatan kuliah, dimana waktu mencatat juga kadang sambil bercanda =.= . Terakhir  “Mahasiswa di MIPA belum disebut scientist kalau belum melakukan penelitian” hehe. Selamat berkarya dan meneliti ^_^

Leave a Comment