Macam-macam Angin

Assalamu’alaikum Wr. Wb

(repost www.bencerdas.com 7 bulan yang lalu) yuk kita belajar fisika kelas 3 sd bentar, hehe sebenernya sich ni buat si pembuat sendiri soalnya tadi ditanya sama adik, bedanya angin laut dengan angin darat apa sich begitu, lalu ya saya googling aja biar enggak salah (padahal nggak tau :P ). Ternyata angin laut dan angin darat banyak peranannya bagi nelayan jaman dulu berikut ringkasannya :

Sebelum membahas tentang angin, perlu diketahui terlebih dahulu, Angin adalah udara yang bergerak yang diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah.

 

Angin laut adalah angin yang bertiup dari arah laut ke arah darat yang umumnya terjadi pada siang hari dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.00.  Nah angin ini pada masa lampau biasanya digunakan oleh para nelayan untuk pulang mencari ikan.

Angin darat adalah angin yang bertiup dari arah darat ke arah laut yang umumnya terjadi pada saat malam hari dari jam 20.00 sampai dengan jam 06.00.  Nah kalau yang angin yang ini digunakan oleh nelayan untuk pergi melaut mencari ikan (kasian juga yach kerjanya malam-malam :’( ).

oh ya ternyata macam angin itu bukan hanya itu saja, ada lagi yang lainnya yaitu :

Angin lembah adalah angin yang bertiup dari arah lembah ke arah puncak gunung  yang biasa terjadi pada siang hari.

Angin gunung adalah angin yang bertiup dari puncak gunung ke lembah gunung yang terjadi pada malam hari.

Angin Fohn/angin jatuh adalah angin yang terjadi seusai hujan Orografis. angin yang bertiup pada suatu wilayah dengan temperatur dan kelengasan yang berbeda. Angin Fohn terjadi karena ada gerakan massa udara yang naik pegunungan yang tingginya lebih dari 200 meter di satu sisi lalu turun di sisi lain. Angin Fohn yang jatuh dari puncak gunung bersifat panas dan kering, karena uap air sudah dibuang pada saat hujan Orografis.

Biasanya angin ini bersifat panas merusak dan dapat menimbulkan korban. Tanaman yang terkena angin ini bisa mati dan manusia yang terkena angin ini bisa turun daya tahan tubuhnya terhada serangan penyakit (hiii serem juga ternyata yach ).

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Angin

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.