Pendahuluan Sistem Operasi

Ringkasan Sistem Operasi

Sistem Operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya yang ada pada komputer dan memberikan layanan pada aplikasi.

Sistem Operasi harusnya, nyaman bisa berevolusi dan efisien (gak buang2 sumber daya dan waktu)

Kenapa kok belajar Sistem Operasi ?

–          Ben pinter ngoprek Sistem Operasi

–          Ben bisa tau Sistem Operasi mana yang cacad dan powerfull

–          Ben bisa ningkatin performa Sistem Operasi

Dual Mode Operasi : dalam Sistem Operasi ada 2 mode, kernel mode dan user mode, kernel mode bisa ngapain aja, kalau user mode hanya terbatas pada user saja, untuk akses kernel mode butuh system call. (dual mode ini digunakan agar sistemnya aman dari kesalahan operasi pengguna soalnya saat di user mode itu aksesnya dibatasi (terutama akses ke I/O))

 

Arsitektur Sistem Operasi

–          Monolitik : cepat tapi tidak fleksibel serta tidak terstruktur

–          Berlapis : modular tapi harus cermat mengatur fungsi2 nya (berlapis berdasarkan hierarki)

–          Mikrokernel/client server : ada client dan server, modular, sayangnya lambat dan bisa bottleneck

Program dan proses itu seperti resep dan masakan (ya bayangin aja bedanya hehe )

Sistem Operasi mengelola semua proses lho

Proses pada multiprogramming

–          Multitasking (task artinya tugas, banyak tugas satu prosesor) dan tiap proses tak bergantung pada yang lain, walau dijalanin sendiri2 tetapi karena saking cepatnya pengguna melihat seolah2 bersamaan kerjanya

–          Multiprosesing (processor banyak, tugas juga banyak) bener2 ada proses yang jalan bareng soalnya yang mikir juga dua.

–          Distributed processing (distribusi, berarti prosesnya dibagi2 ke sistem komputer yang lain) saling bertukar pikiran diantara satu jaringan.

Diagram 3 keadaan

 diagram 3 keadaan

Ready : proses di tumpuk dimari, dia belum diolah oleh prosesor

Running : yang diolah prosesor (disini dikasih waktu kalau timeout ya suruh ngantri lagi), jika dia butuh i/o atau sebuah event dia masuk ke blok

Blok : kumpulan proses yang di blok, kalau yang di blok udah selesai I/O atau eventnya dia disuruh ngantri lagi (masuk ke queue ready lagi)

Nah ternyata kurang mantap kalau 3 keadaan, bayangkan saja, kebanyakan proses itu butuh I/O jadinya ya walau gak numpuk di running tapi numpuk di blocked, ujung2nya idle dah, nah solusinya pake diagram 5 keadaan, yang nambahin suspend (tempatnya di hardisk (virtual memory))

Leave a Comment