Pengalaman Praktek Kerja Kedua

Wah, malam ini ternyata malam Minggu lagi, waktu yang cukup tenang untuk menulis, walau sebenarnya masih banyak tugas yang menumpuk haha . . .  Tapi tak apalah, kelihatannya malam ini suasananya lebih enak digunakan untuk menulis cerita, apalagi semenjak tadi siang sampai sore hujan turun.

Ah tadi sore ketika akan pulang tiba-tiba teringat akan kisah aneh diwaktu magang kelas dua, hehe sehabis dulu pengalaman magang part I  dan setelah itu magang itu berakhir akhirnya ujian kenaikan kelas, dan akhirnya aku naik kelas juga (padahal waktu naik kelas itu seingetku ada nilai yang gak keluar nilainya, haha mungkin lupa nulis kali ya, atau mungkin emang nilaiku terlalu jelek, tapi waktu kelulusan aku lihat tu raport dah penuh dengan nilai :D ).

Setelah mid, akhirnya kami memulai magang lagi, tetapi kalau kali ini sedikit berbeda dibanding dengan waktu kelas satu. Kalau kelas dua ini gak ada list perusahaan sama sekali, kita kudu coba mencoba mendatangi satu persatu perusahaan.  Akhirnya aku dan kawan-kawan mencoba muter-muter se semarang untuk mencari perusahaan, sayang waktu itu se kelompokku kayaknya jarang ada yang bawa motor alhasil jalan-jalan deh ( jalan kaki tapi haha), satu demi satu perusahaan kita masukin mulai dari yang swasta sampai dinas pemerintahan. Sayang waktu itu kita culun, masak mau magang gak bawa surat apapun, jadi agak sedikit lebih susah hehe.

Singkat cerita akhirnya kita diterima di suatu dinas pemerintahan, waktu itu dah bangga, wah keren bisa magang di dinas pemerintahan. Tapi . . .  semua berubah ketika hari pertama masuk :

jreng jreng. . . apa yang aku lakukan hari pertama ? apakah hanya nonton TV ? apakah hanya duduk-duduk berceloteh gak jelas ?

Ya, itu yang kami lakukan, aku masih ingat kalau gak salah dulu nonton sinteron Intan apa ya haha  . . kadang juga suruh nganterin surat, ataupun ngetik surat sama laporan (aku bingung kenapa kok kita gak dapat pekerjaan yang sepadan ? (ya setidaknya sejurusan lah, atau berhubungan dengan komputer, maklum dulu masih culun jadi ngikut aja) ) ternyata emang disitu gak ada bagian untuk itu dan mungkin saja emang dianggap pranata komputer itu kerjaannya seperti itu seperti kata disuatu koran nasional haha.

ok, kutahan-tahan sampai akhirnya dua Minggu kita mencoba mengundurkan diri, oh ya aku magang ketika itu tiga orang, tapi karena satu hal (mungkin gara-gara aku paling bandel haha, akhirnya aku sendirian mencari tempat magang), haha muter2 semarang lagi sendiri (jalan kaki lagi @_@ ). Satu per satu perusahaan aku kunjungi, yah banyak yang katanya udah penuh dengan orang magang, atau banyak yang menolaknya juga. Bingung sih, tapi tak mengapa, mungkin dibelakang ada hikmahnya hoho (sok bijak ceritane).

Singkat cerita, aku dapat di suatu ISP di kota Semarang, dan mungkin disinilah hikmahnya.  Dari ISP tersebut aku mulai kenal dengan yang namanya sistem operasi LINUX.  Pertama kali masuk langsung berurusan dengan sistem operasi pinguin itu, ya tentu saja dibimbing bagaimana penginstallan, dan konfigurasinya (waktu itu disuruh membuat sebuah router ) hihi.

Jangan bayangkan LINUX yang ada compiznya, atau dengan desktop warna warni dengan cursor yang menawan, waktu itu membuat routernya hanya menggunakan terminal, simple alesannya (soalnya emang pc yang dipakai pc jadul, jadi lebih baik sumber daya yang digunakan untuk GUI, dihilangkan dan digunakan untuk yang lain ). Kalau gak salah waktu masuk jam 08.00  dan pulang jam 17.00, tapi karena setelah jam segitu ketuanya (manajernya) Mas Tunggul Adi S, sering sharing jadi aku ngikut hehe (lumayan dapat les gratis), dari situ dikasih pengetahuan tentang jaringan cisco maupun setting2 konfigurasi di linux, kayak membagi bandwith, setting proxy, bikin web, email, ftp, server  dan banyak lagi yang lainnya, saking banyaknya dan gak diulang-ulang jadi ada yang lupa hehe), kadang jam 8 atau jam 7 malam pulang akhirnya (maklum waktu itu gak ada motor juga, jadi naek angkot, kalau terlalu malam dikit angkotnya soalnya ).

Nah, tapi dari sini juga aku jadi agak kurang begitu sreg sama yang namanya jurusanku, Teknik Komputer dan Jaringan, gara-garanya sih simpel, karena dulu kan waktu itu harus masang radio (access point) yang kudu dipasang di tower yang tinggi, dan aku agak ada gangguan ama ketinggian haha (mungkin gara-gara belum terbiasa kali ya), terus bikin kulit jadi item wkwkwkwk , tapi ah ngapain naik-naik cuman masang radio doang gitu.(Sebenarnya gak gitu sih, sebenarnya bisa aja lebih ke maintenance server atau router, kalau pasang2 gitu mending manggil pak tukang haha (ntar kita ngasih pengarahan -_-) ), mungkin ini nih awal mula aku mendalami dunia informatika haha.

Oh ya, waktu disana aku juga disuruh bikin laporan juga tuh, khusus untuk perusahaannya yaitu laporan yang intinya membahas access point, bagaimana membuat hanya point to point, gimana cara broadcast, gimana keamanannya, dan banyak lagi yang lainnya (simpel sih, orang baca user manual aja bisa hihi). Tapi waktu itu jadi pengalaman yang wah. Di sana juga ada temenku satu lagi, kalau dia lebih wah laporannya, yaitu pembuatan router dengan menggunakan debian. Tapi pas untuk laporan di sekolah kita sepakatan untuk dibalik, akun yang mengangkat tema tentang router debian, dia yang access point, jadi biar semuanya bisa paham :D .

Satu hal, yang aku praktekin sampai sekarang dari tempat pkl tersebut, tiap aku tanya gimana ini, gimana itu, pasti karyawan disana (ya bisa disebut pembimbing-pembimbingku disana) menjelaskan singkat doang terus silakan googling :D  (haha, sebel juga ih, orang penjelasannya singkat aja gak mudeng malah suruh googling), tapi emang disitulah hikmahnya. “Dengan kamu mencari di google, kamu akan lebih mengingat banyak, lebih mudah mengerti, dan mengetahui hal-hal yang baru”

sayang, sekarang ISP tersebut sudah tidak ada, mungkin kalah sama provider-provider selular yang sudah broadband, yang hanya memakai modem, yang simpel sekali instalasinya (gak butuh tower (ya butuh ding cuman satu tapi)) 

akhir kata, terimakasih semuanya yang telah membagi ilmu, membimbing aku menjadi yang lebih baik ^_^, makasih juga buat citramedia yang mau nampung buat pkl waktu itu ^_^

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.