Punakawan ( Semar Gareng Petruk Bagong )

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dahulu ketika Islam baru masuk ke Indonesia, banyak para wali yang berdakwah dengan menggunakan wayang, salah satu tokoh atau karakter yang terkenal yaitu punakawan, yang berarti empat sekawan (Semar, Gareng, Petruk, Bagong).  Mereka menjadi pembantu dan pengasuh para pandhawa.  Ternyata dari ke-empat tokoh tersebut ada artinya, yaitu :

 

Semar itu berasal dari bahasa arab yaitu Ismar. Orang jawa mudah menyebut namanya dengan Semar. Semar itu berarti paku. Paku itu dilambangkan jadi pedoman hidup manusia, tokoh pengokoh manusia yang tidak lain yaitu agama. Semar itu hanyalah simbolisasi dari agama yang digunakan untuk prinsip hidup umar beragama.  Makanya dalam pewayangan tokoh semar ini merupakan sebuah tokoh yang paling sakti.

Nala Gareng juga diadaptasi dari bahasa arab yaitu naala qariin yang mempunyai arti mendapat banyak teman, ini sesuai dengan dakwah-dakwah para wali untuk mendapatkan umat yang banyak untuk kembali ke jalan Allah SWT dengan sikap yang baik.

Petruk diadaptasi dari bahasa Fatruk yang dicukilkan dari wejangan tasawuf yaitu : Fat-ruk kulla maa siwallahi, yang artinya tinggalkanlah semua kecuali Allah. Wejngan itu menjadi watak para wali dan mubalig. Petruk juga sering disebut Kanthong Bolong (Celana Bolong). maknanya yaitu semua manusia harus ikhlas dalam memberikan zakat dan memberikan jiwa dan raganya untuk Allah SWT seperti celana bolong yang tanpa halangan.  Jangan seperti sekarang, sadaqah seratus ribu aja, tetangga satu RT pada tahu semua ckckckck, naudzubillah.

Bagong dari bahasa Baghaa yang artinya berontak, yaitu memberontak kepada kebatilan dan angkara murka. di versi lain Bagong bersal dari kata Baqa artinya kekal atau langgeng, yang artinya manusia itu hanya hidup kekal di akhirat. Di dunia ini hanya diibaratkan mampir ngombe (mampir untuk minum).  Sehingga diharapkan manusia hidup didunia ini tidak nggragas, atau tamak dalam mencari harta dunia, karena yang kekal hanyal di akhirat

Sumber : googling dan dari banyak referensi terus ditulis ulang dan diringkas.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

2 thoughts on “Punakawan ( Semar Gareng Petruk Bagong )

  1. Assalamu ‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh akang Eko… dalem nyuwun ujin copy paste njeh… suwun

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.