Ringkasan Pirates of Silicon Valley

Resensi Pirates of Silicon Valley

Film ini menceritakan tentang sejarah berdirinya Microsoft (yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen )  dan Apple (yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak). Keduanya memulai bisnis dalam dunia komputer ini dari nol, Steve Jobs yang berawal dari garasi rumah ayahnya dan Bill Gates yang memulai dari sebuah ruangan kecil.

 

Di dalam film ini juga diceritakan kisah bagaimana Microsoft dan Apple saling bersaing untuk menjual produknya agar bermasyarakat, Steve Jobs merupakan seseorang yang memuja seni dan sangat ambisius serta dia sangat benci terhadap IBM dan berusaha menyaingi IBM dengan cara mendirikan Apple, sedangkan Steve Wozniak merupakan rekannya yang sering menasehati Jobs.  Bill Gates yang merupakan seseorang penggila komputer dan sangat tertarik dengan program komputer dan sering meneliti tentang sistem komputer. Bill Gates rela keluar dari Kuliahnya di Harvard demi mendirikan Microsoft.

Microsoft memulai karirnya ketika membuatkan sistem operasi untuk Altair. Setelah sukses dengan Altari ini, Bill Gates mulai mencoba menawarkan lisensi DOS (Disk Operating System) kepada IBM, padahal waktu ituBill Gates tidak punya sama sekali sistem operasi dan akhirnya mereka membeli sistem operasi tersebut di suatu perusahaan software kecil seharga $50.000.  Apple mulai berkembang pesat ketika dia berhasil mencuri ide penggunaan mouse dan komputer GUI dari Xerox. Dan akhirnya berkembang pesatlah produk Apple. Produk komputer GUI pertama yang terinspirasi dari Xerox ini bernama Lisa (nama anaknya Jobs yang tidak diakui).Steve Jobs tidak malu kalau dia melakukan pembajakan, bahkan di motto perusahaanya adalah “Seniman baik meniru, seniman hebat mencuri” dan memasang bendera perompang di depan perusahaannya. Setelah sukses dengan Lisa Jobs mengembangkan lagi dengan nama Macintosh. Nah waktu ini terjadi perseteruan di antara Apple II dan Macintosh dimana perseteruan itu memang di setting oleh Jobs sehingga mengakibatkanWozniak tidak betah lalu ia melanjutkan study dan akhirnya menjadi pengajar anak-anak.

Microsoft pun penasaran, kemudian Bill Gates mencoba bekerja sama dengan Apple, setelah bernegosiasi akhirnya Bill Gates mendapatkan prototype Apple Mac dan Bill Gates berjanji akan ikut mengembangkan produk tersebut, tetapi ternyata Gates menggunakan prototypenya itu untuk mengembangkan Microsoft Windows. Ketika Jobs mempresentasikan hasil dari prototype Mac nya itu dia mendengar kabar bahwa di Jepang juga telah beredar produk mirip Apple yang tidak lain adalah Microsoft Windows. Jobs sangat marah kemudian Gates menjelaskan bahwa Apple pun mencuri prototype dari Xerox, Jobs tetap bersikeras bahwa Applemerupakan yang terbaik.  Karena sifat Jobs yang kurang baik akhirnya setelah tiga bulan setelah ulang tahunnya ia dipecat oleh John Sculley (CEO Apple). Singkat cerita Jobs akhirnya kembali ke keluarganya dan mengakui lisa sebagai anaknya, lalu pada tahun 1997 dia kembali ke Apple dan Microsoft pun mempunyai saham di Apple dan Bill Gates menjadi orang yang paling kaya di dunia

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.