Valentine Itu . .

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Hari ValentineWah besok hari valentine kata sebagian orang. Banyak orang yang mempunyai rencana-rencana yang dibuat untuk merayakannya, baik hanya memberi kado berupa coklat, maupun tukar hadiah atau berkencan entah kemana. Warna pink atau merah muda pun menjadi warna favorit pada bulan februari ini. Tak bisa dipungkiri, gaya pacaran anak muda sekarang seperti itu :D .

Ok, bagi yang mau membaca sejarah valentine masuk dimari saja http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Valentine. Sekarang masalahnya ada beberapa orang yang masih bingung, sebenarnya boleh gak sih merayakanvalentine bagi orang-orang muslim ? renungan penulis melihat ini dari sudut pandang muslim ya :D

Ok, sekarang merujuk dari sebuah hadits dan ayat dari alqur’an

Hadis Rasulullah s.a.w:“ Barang siapa yang meniru atau mengikuti suatu kaum (agama) maka dia termasuk kaum (agama) itu”.

Firman Allah s.w.t. dalam Surah Al Imran (keluarga Imran) ayat 85 :“Barangsiapa yang mencari agama selain agama Islam, maka sekali-sekali tidaklah diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi”.

Sebenarnya sudah jelas bahwa jika kita meniru tradisi atau kebudayaan atau hal-hal yang berhubungan dengan agama lain, maka ia termasuk agama tersebut. (setidaknya jika dari hadist seperti itu ).  Sehingga tepat bila jika orang-orang yang merayakan valentine maka ia termasuk orang-orang yang musyrik.

Ok, mari kita lihat lebih lanjut, dari beberapa karakteristiknya :

Dasar Sejarah

Udah membaca kan ? sejarahnya itu dari umat nasrani dan itu diperingati sebagi peristiwa yang bersejarah bagi kaum nasrani, secara otomatis dia menjadi ritual keagamaan sehingga umat Islam tidak boleh menirunya.

Tujuan

Tujuan dari hari valentine itu apa ? hanya untuk menunjukkan kasih sayang pastinya, padahal dalam Islam kasih sayang itu bukan hanya sehari itu, tetapi setiap detik adalah detik kasih sayang, karena dimanapun kita berada harus mengingat Allah dan Rasul :D .

Prosesi dan Perkembangan

Prosesi dan perkembangan peringatan hari ini semakin tahun semakin jauh dari nilai-nilai luhur moral. Kebanyakan remaja yang merayakan hari valentine malah mabuk-mabukkan bahkan sampai kepada pergaulan bebas, tentu kalau hal ini semua agama pasti melarangnya.

Akan tetapi walaupun kita tidak merayakannya, tetapi harus tetap menjaga hubungan baik dengan yang merayakannya, tentu dengan memegang prinsip yang kita miliki. Itulah mungkin sedikit hasil renungan penulis, mungkin banyak yang tidak setuju, tidak mengapa, artikel ini hanya untuk pengingat penulis dikala lalai dan semoga bisa menjadi wejangan yang lainnya, amiin.

 

Akhir tulisan ini, semoga Allah memberikan kepada kita hidayah-Nya dan ketetapan hati untuk dapat istiqomah dengan Islam sehingga hati kita menerima kebenaran serta menjalankan ajarannya.

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Leave a Comment