Belajar Mengenai Cloud Computing

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Cloud Computing, menurut bahasa berarti komputasi awan, komputasi (cara untuk melakukan sesuatu) dan tempat pengembangannya itu ada di awan (analoginya Internet).  Cloud Computing ini berawal dari perkembangan teknologi virtualisasi.

Cloud Computing ini digunakan untuk membantu perusahaan-perusahaan agar tidak terlalu besar dalam pembelian perangkat-perangkat IT seperti server, software aplikasi, media penyimpanan.  Analogi yang mudah seperti ini : Jika dalam suatu perumahan butuh sumber air tidak lagi perlu memanggil tukang gali untuk membuatkan sumur, cukup pesan saja ke PDAM dan pasti air langsung mengalir ke rumah kalian.

Seperti juga air tadi, pada perusahaan-perusahaan besar pun seperti itu, misal mereka membutuhkan suatu CRM (Customer Relationship Management) atau media penyimpanan yang bisa diakses darimanapun atau  layanan email privat, atau yang lainnya,   mereka lebih baik menyewa atau meminta layanan kepada salah satu vendor Cloud Computing.

Nah salah satu vendor yang terkenal dalam Cloud Computing adalah microsoft dengan platform windowsa azzure nya. Windows Azure adalah sebuah platform open cloud yang memungkinkan penggunanya untuk membangung, mengakses, mengelola, dan menyebarkan aplikasinya secara mudah dan aman. Layanan ini meliputi diantaranya :

Computing

Dimana pengguna dapat menggunakan layanan untuk menjalankan aplikasi di Windows Azurenya, seperti kalau kita membuat sebuah website atau aplikasi yang lain. Dengan kemampuan ini berarti pengguna hanya fokus kepada aplikasi, masalah upgrade mesin, lalulintas jaringan akan secara otomatis diatur oleh microsoft.

Database

Dalam Windows Azure layanan ini dikenal dengan SQL azure dimana pengguna memungkinkan menyetorkan datanya secara online dan aman. SQL azure ini dibangun dengan teknologi SQL Server.  Data ini juga bisa langsung diakses dari lokal serta melakukan sinkronisasi terhadap client.

Penyimpanan, Virtual Network, Reporting, dan lain sebagainya.

Dengan Windows Azure ini para pengguna bisa juga digunakan untuk menjual softwarenya, dimana di sisi client dari pengguna ini tidak perlu lagi membeli server, sistem operasi dan perangkat-perangkat IT yang mahal, dan sekali lagi pengguna Windows Azure ini juga hanya berfokus pada pengembangan softwarenya saja.

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.