Belajar Tentang Perbedaan Mengenai Domain dan Hosting

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Domain, kalau kita membahas domain maka tidak terlepas dari apa yang disebut dengan DNS  (Domain Name system).  Domain merupakan nama unik yang diberikan kepada suatu server komputer. Manusia lebih mudah menghafalkan suatu kata dibandingkan angka-angka.  Contoh sederhananya, kita lebih mudah menghafalkan nama google.com dibandingkan dengan 74.125.71.103.  padahal kalau kita tuliskan kedua alamat tersebut ke browser juga tujuannya sama akan membuka halaman google.  Domain ini biasanya juga disebut dengan alamat web atau alamat URL (Uniform Resource Locator). Domain ini diatur dengan menggunakan DNS (Domain Name system), nah misal ada yang mengetikkan google.com maka DNS ini akan mengarahkan sesuatu dengan server yang dituju. Nah semua nama-nama server ini disimpan di 13 root server name (lengkapnya cari di google)

Nah kalau hosting merupakan sebuah tempat (space hardisk di suatu server) yang digunakan untuk menaruh file-file yang akan di sebar di Internet, nah domain itu anggapnya alamat dari sebuah file-file tersebut. Analoginya gini :

Bayangin kalian sedang berada di rumah, itu kan ada isinya, kalian, orang tua, nenek, kakek, cucu, dkk, nah itu semua anggap saja file dan rumah kalian adalah hostingnya.

ketika temen kalian mau berkunjung ke tempat kalian pasti dia harus mengenali alamat kalian kan (misal : jalan mawar no 3 sebelah jembatan) gak mungkin dia hanya mengenali kode pos =.=. nah alamat itu anggap saja domainnya.

OK, akhir kata seperti itu dulu, maaf bila ada kesalahan, penulis mohon koreksinya, kalau belum jelas bisa tanya dimari atau googling saja ya 😀

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.