Jenis-jenis Dakwah Jika diibaratkan Air

Sebenarnya sih, ini materi dapat dari khutbah jum’at kemarin, sayangnya baru sempet nulis sekarang hehe . . . ( kemarin diajakin maen game mulu haha ).

Dakwah, merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang.  Setiap dari kita itu wajib menyerukan kepada orang lain walaupun hanya satu ayat.  Oh ya, dakwah ini merupakan perintah langsung dari Allah lho. Allah berfirman :

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” [An-Nahl:125]

Rasulullah pun juga menyerukan agar semua berdakwah karena orang yang menunjukkan kebaikkan maka pahalanya sama seperti orang yang melakukannya :

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada suatu kebaikan maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim no.1893)

Kalau diibaratkan air, maka dakwah itu dibagi menjadi 4 jenis (golongan) yaitu :

  1. Dakwah itu seperti air hujan

    Dakwah seperti air hujan ini berarti menyerukan kebaikan kepada setiap orang dimana saja dan kapan saja, kategori ini merupakan kategori yang paling baik, karena mereka berdakwah tanpa pamrih, hanya mengharap ridha Allah semata.

  2. Dakwah itu seperti sumur

    Dakwah seperti ini seperti di pesantren-pesantren atau sekolah-sekolah.  Dimana para pencari ilmu datang ke sumber ilmu tersebut, lalu sang pendakwah menyebarkan ilmunya

  3. Dakwah itu seperti PAM

    Dakwah tipe ini cenderung kurang bagus, karena mereka hanya mau menyeru kebaikan jika dibayar atau ada imbalannya. Seharusnya dakwah itu tidak boleh mengharapkan sesuatu kecuali ridha Allah, hati-hati juga bahwasannya kalau dakwah itu gak boleh jadi ria seperti sabda Rasul :

    barangsiapa yang mencari ilmu (yang dengan ilmunya tersebut ) hanya untuk pandai mendebat (beragumentasi) dengan para ulama atau untuk membodohi/mengelabui orang-orang bodoh, atau hanya ingin mendapatkan kemuliaan manusia (dengan menjadi terkenal) maka Allah akan memasukkannya ke dalam api neraka.”(HR.Tirmidzi).

  4. Dakwah dengan dicampur air kotor

    Dakwah tipe ini mereka-mereka yang berdakwah tetapi juga melakukan maksiat, padahal orang yang tahu bahwa itu dosa lalu tetap melakukan dosa itu maka hukumannya adalah neraka, seperti sabda Rasulullah :

    Jika seorang alim tidak mengamalkan apa yang diketahui orang alim tersebut akan masuk neraka” (HR.Dailamy).

    Bahkan Allah pun sangat benci terhadap orang yang demikian ( tahu itu dosa ehh tetep aja dilakuin ) seperti dalam firman-Nya ( Q.S. As Shaf :2-3) : ”Wahai orang-orang beriman, mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan ? (Itu ) sangatlah dibenci disisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan”.

Nah, Semoga kita semua bisa menuju ke tipe yang pertama, yaitu berdakwah tanpa pamrih hehe . .  Gak boleh berharap sesuatu kecuali ridha Allah, seperti langit yang menurunkan air hujan yang karenanya tumbuh tanaman-tanaman dan langit tersebut tak meminta apapun dari dunia kita ^_^.

 

Dakwah itu memang berat kawan, tapi semua itu pasti ada hikmah yang dapat dipetik ^_^

1 thought on “Jenis-jenis Dakwah Jika diibaratkan Air

Leave a Comment