Belajar Membuat Database dengan FireBird

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Nah, pada tutorial yang sebelumnya kita telah berhasil menginstall FireBird, sekarang bagaimana caranya membuat database dengan FireBird ?

Sebenarnya hampir mirip dengan membuat database dengan mysql, bedanya dalam kalau FireBird itu tidak autocommit sehingga ketika kita membuat perintah ya diakhiri dengan commit, kalau gak, gak akan terjadi apa-apa.

Ada banyak cara juga membuat database dengan menggunakan FireBird yaitu :

  1. Dengan ceklak-ceklik (berbasis GUI) misal yang free pake IBExpert (yang personal free kalo yang laen mbayar hehe).
  2. Dengan Command Prompt (ya kayak mysql Command Line gitu ).

Ok, gak usah banyak teori, ntar sambil jalan saja yakz :

  1. Pastikan bahwa FireBird telah running, caranya yaitu klik kanan computer à manage à Service and Application à service , cari yang FireBird pastikan sudah started (kalau gak ada service tersebut berarti belum terinstall L )
  2. Ok, kalau udah sekarang, kita setting PATH di windows, caranya klik kanan computer à properties à advanced system setting à Environment Variables à di sytem variable cari yang path à tambahkan “C:\Program Files\FireBird\FireBird_2_5\bin” (asumsi dulu penginstallannya di C:\Program Files\Firebid lho, kalo gak ya menyesuaikan 😀 )
  3. Ok kalo udah sekarang kita buka command prompt
  4. Pertama kita latihan memakai gsec (ini adalah user managementnya FireBird), untuk root defaultnya adalah SYSDBA dan ‘masterkey’ untuk passwordnya.  Segera ganti password kalau mau digunakan untuk applikasi beneran, kalau buat latihan mending gak usah daripada lupa haha . .  SYSDBA ini merupakan super user yang bisa ngapain aja lhoh, jadi ketika kita bekerja nanti dalam database mending pake user baru. Untuk ganti password begini sintaknya
    gsec -user sysdba -pass masterkey -mo sysdba -pw anu-user adalah username yang akan digunakan,

    -pass adalah passwordnya

    -mo kita akan memodifi suatu user

    -pw mengubah password user tersebut

  5. Ok, sekarang kita bikin user baru caranya :
    gsec -user sysdba -pass masterkey -add userbiasa -pw anu-add untuk menambahkan user

    -pw adalah password user yang bersangkutan

  6. Nah sekarang kita bikin database yang baru, caranya :
    >isqlSQL>create database ‘g:\database\tutorial.fdb’ user ‘userbiasa’ password ‘anu’;

     

    G:\database\tutorial.fdb  << letaknya database

    User << user yang akan memiliki database ini

    Password << ya passwordnya user tersebut

    Sebenarnya ada lagi yaitu page_size tetapi kita pake defaultnya aja, page size digunakan untuk menentukan besarnya sebuah database cache, database buffer, cluster, record perhalaman (nah tambah mumed kan, silakan pelajari sistem berkas dulu hehe ) kita pake default aja makanya :D.

  7. Ok, setelah jadi sekarang kita ketikkan exit; (capek ternyata kalau command line mulu, sekarang bikin tabelnya pake IBExpert saja ya hehe )

Nah, itu tadi baru bikin databasenya, silakan lanjutkan ke artikel berikutnya yaitu membuat table dalam FireBird (maaf ye, tiba-tiba gak mood nulis hehe :p).(coming soon)

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

1 thought on “Belajar Membuat Database dengan FireBird

Leave a Comment