Sejarah dan Cara Instalasi Firebird

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah sudah selesai mid, itu berarti saatnya nyari belajar yang aneh-aneh.  Kemarin salah seorang rekan pernah memberi tahu tentang database yang lumayan bagus dan tentu saja open source, yaitu FireBird.  Karena penasaran langsung aja buka google, kita cari-cari . .  😀

Ternyata FireBird itu berasal dari interbase versi 6.0.  Nah terus kan yang interbase versi selanjutnya kagak open source, kemudian komunitas komunitas open source yang ikut dalam pengembangan interbase versi 6.0 ini mengembangkan sendiri, seperti diantaranya firebird foundation, yaffil, vulcan dan fyracle, nah inilah yang jadi dasar lahirnya FireBird.

Terus kelebihannya FireBird itu apa sich ?

  1. Filenya kecil, tapi aksesnya cepat
  2. Instalasinya mudah
  3. Standar database (ada stored procedure, trigger, view)
  4. Multi platform (ada yang di windows, linux, max, dll)
  5. Coba sendiri haha

Nah, sekarang coba saja langsung download FireBird disini ya. Filenya kecil kok (saat ini penulis memakai FireBird yang 2.5, hanya berukuran 3 MB).

Setlah di Klik dua kali akan ada tampilan awal instalasi Firebird seperti ini

Instalasi Firebird

 

 

Klik Next, maka akan, tampil pemilihan directory (default saja)

Instalasi Firebird

 

 

Pilih component yang harus diinstal, (default saja, karena lengkap )

Instalasi Firebird

 

Konfirmasi, jika sudah benar semua, klik install, Firebird akan terinstall

Instalasi Firebird

 

 

Setting Path :

terkadang, kita ingin lewat command prompt dalam mengotak-atik sebuah database ( biar berasa kek pro haha ), jadi langkah selanjutnya yaitu setting path dengan cara sebagai berikut :

Klik MyComputer –> Properties –> pilih advanced –> pilih environment variables ( untuk windows yang beda versi menyesuaikan ya, pokoknya ujung2nya sampai environment variable ), lalu tambahkan path sebagai berikut :

path

 

jangan lupa servicenya juga pastikan ter start sebelum menggunakan, bisa di cek di service (biasanya sih otomatis harusnya 😀 )

service firebird

 

Wassalamu’alaikum

Leave a Comment