Memahami dan Belajar Bertaqwa Kepada Allah

Jum’atan kemarin salah satu subbabnya membahas ini nih :D, walau sebenarnya tema utamanya adalah persiapan menjelang Ramadhan, untuk yang itu akan ditulis di kesempatan lain (kalau masih inget haha), sekarang bahas subbanya dulu yaitu taqwa. Taqwa secara harfiah artinya adalah takut, kalau menurut alqur’an

“(Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengatahui.” (Qs. Ali ‘Imran: 134-135)
Hmm, taqwa memang sering disebut-sebut diberbagai ceramah.  Taqwa merupakan hal yang mudah diucapkan tetapi sangat susah dalam implementasinya.  Orang yang bertaqwa akan mampu menghadirkan Allah dalam setiap sendi-sendi kehidupannya.  Mereka akan selalu mematuhi semua perintah-perintahNya dan menjauhi semua larangan-laranganNya, lain halnya dengan orang munafik yang hanya pandai berbicara bahwa mereka taqwa kepada Allah, tetapi dalam kesehariannya masih saja sering melakukan hal-hal yang dilarangNya.  Orang yang taqwa tidak akan mencontek, mencuri, atau bahkan korupsi karena mereka tahu bahwa disetiap gerak-gerik mereka, mereka selalu diawasi oleh Allah.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan taqwa kepada Allah :

  1. Perbanyak IlmuIlmu, khususnya ilmu agama, dengan ilmu kita akan lebih mengetahui mana yang haq, mana yang bathil.  Ilmu juga akan menjaga kita dari pengaruh-pengaruh buruk dari lingkungan luar.  Ilmu juga akan menuntun kita untuk mengkaji persoalan-persoalan yang rumit sehingga kita mengetahui hal itu salah ataupun benar.  Cara mendapatkannya tentu selain memahami al-qur’an juga dengan mempelajari kehidupan dan hadits Rasulullah.
  2. Bergaul dengan Orang Shaleh
    Ada pepatah bahwa orang yang bergaul dengan penjual minyak wangi maka ia akan menjadi wangi juga, sebaliknya jika ia bergaul dengan pandai besi maka akan kena percikan api atau baunya tak sedap.  Kalau kita bergaul dengan orang-orang yang bertaqwa ( atau sama-sama menuju ketaqwaan maka akan saling mengingatkan kalau ada sesuatu yang salah)
  3. Selalu berdoa
    Berdoa kepada Allah agar selalu menjaga hati teguh dijalan-Nya.  Hati itu pada dasarnya manusia itu sendiri tak mampu mengendalikannya.“Dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi (menghalangi) antara manusia dan hatinya.” (Qs. al-Anfaal: 24)Jadi ya harus banyak-banyak berdoa kepada Allah.  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Sesungguhnya semua hati manusia berada di antara dua jari dari jari-jari ar-Rahman (Allah Ta’ala), seperti hati yang satu, yang Dia akan membolak-balikkan hati tersebut sesuai dengan kehendak-Nya”, kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa: “Wahai Allah Yang membolak-balikkan hati (manusia), palingkanlah hati kami untuk (selalu) taat kepad-Mu.”  HSR Muslim (no. 2654)
  4. Ikhlas dalam beribadah dan beramal
    Tujukan semua ibadahmu hanya kepada Allah bukan yang lain, gak boleh ria’ ataupun menganggap bahwa ibadah kita sudah sempurna.  Selalu koreksi diri dan berusaha menjadi lebih baik.  Biasanya sih ( pengalaman yang nulis sendiri ) kalau beribadah pasti ada aja sedikit ria’, kadang ada perasaan, kalau kek gini terlihat keren ya, kalau melakukan hal itu terlihat wibawa ya . .  Hahaha gak boleh kek gitu seharusnya, kalau kek gitu jadi percuma kan ibadahnya -_-

Semoga kita semua dapat menjadi insan yang lebih baik, yang selalu bertaqwa kepada Allah.  Yah memang kehidupan dunia ini syarat dengan godaan apalagi kalau mahasiswa mau uas gini biasanya bukan nyiapin belajar malah nyiapin contekan haha gak boleh itu.  Percayalah bahwa setiap nilai yang engkau dapat akan selalu berkah jika engkau melakukan sesuatu yang jujur.  ( kok jadi kemana2 :hammer: )

Leave a Comment