Sejarah Gambar Lena dalam Tutorial Pengolahan Citra Digital

Lena, tentu bagi yang berkecimpung dalam dunia image processing (pengolahan Citra digital) pasti mengetahui gambar tersebut.  gambar tersebut merupakan sebuah standar Citra yang digunakan untuk pengujian berbagai algoritma manipulasi gambar.

Akhirnya, saya pun penasaran, sebenarnya Lena itu siapa ya ? Setelah googling dan diberitahu oleh kawan saya saudara Ndaru ternyata Lena itu adalah sebuah model majalah playboy pada era 70-an.  Dan berkat jadi standar akhirnya foto gadis itu dinobatkan sebagai The First Lady of The Internet.

Semakin penasaran, kenapa sich kok harus Lena ? Kenapa gak monalisa atau Siti Nurhaliza hahaha. .

Ternyata ada dua alasan, yaitu :

  1. Citra Lena memiliki detail pencahayaan, tekstur yang cocok diterapkan di berbagai algoritma
  2. Karena kebanyakan programmer dan yang suka dengan manipulasi gambar itu cowok (haha mungkin kali ya ).

Ok sekarang kita cari sejarah Lena,

Lena yang mempunyai nama lengkap Lena Sjööblom, lahir di Swedia 31 Maret 1951.  Lena sendiri tahu ia terkenal ketika ia diundang pada waktu tahun 1997 di forum IS & T (Image Science and Technology).  Dahulunya pun jadi kontroversi gambar ini soalnya menyalahi hak ciptanya playboy, tapi  ujung-ujungnya gak dipermasalahin lagi, karena dari gambar Lena itu dapat ditemukan bagaimana pengolahan Citra yang baik :D.

Tentu yang di buat untuk manipulasi Citra selama bertahun-tahun (bahkan sampai sekarang) ini dibuat sopan, yakni dengan hanya memotong Lena se pundak saja, padahal kalau sampai se body (whew haha, lihat aja langsung ke referensinya kalau mau haha ).

Sumber : http://www.cs.cmu.edu/~chuck/lennapg/

One thought on “Sejarah Gambar Lena dalam Tutorial Pengolahan Citra Digital

  1. Ada jg yg membahas ini….2011 urus skripsi citra, waktu itu senior cowok nanya, knp km pakai gambar lena? Kamu tau dia siapa?
    Trus digugling kan buat sy….langsung tutup mata dan kbur dr lab…

Leave a Comment