Mengobati Galau dan Penyakit Hati Lainnya

Sehat, merupakan suatu nikmat yang tiada tara.  Orang seringkali lupa syukur terhadap nikmat sehat, biasanya baru merasa kita sesudah diberi wejangan berupa penyakit. Sehat itu sebenarnysa simple, ketika pikiran tenang dan badan tidak terkena suatu virus atau luka, maka kemungkinan akan sehat, kecuali atas kehendak-Nya :D.

Sakit, biasanya kalau sakit secara jasmani itu mudah disembuhkan, tinggal pergi ke dokter semua urusan beres, tetapi kalau sakit secara psikis itu yang kadang susah disembuhkan.  Sakit secara psikis kadang mengantarkan kita kepada sakit jasmani.  Contoh sakit secara psikis ya misalnya stress, galau, mutung, cepet marah, iri, dengki dan lain sebagainya.  Nah bagaimana cara untuk menanggulanginya ?

Sebenarnya caranya ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat, soalnya kadang-kadang digunakan puji-pujian ketika menunggu iqamah atau beberapa lagi ada yang menyanyikannya yang biasa kita kenal dengan nama Tombo Ati (Obat Hati).  Obat hati itu ada lima yaitu :

  1. Baca Qur’an dan maknanya

    Membaca qur’an merupakan salah satu obat hati dimana jika kita lagi gundah, galau, lagi stress berat, lagi sedih gara-gara ip jeblok ya coba kita membaca al-qur’an.  Lha kalau gak tau artinya gimana ? ya tak mengapa, mungkin sekarang hanya membaca dilain kemudian coba meningkat memahami dan mengerti maknanya, tapi dengan membaca al-qur’an itu pasti akan menjadi hati lebih damai

  2. Shalat malam dirikanlah

    Mendirikan shalat malam misalnya saja shalat tahajud, shalat witir atau shalat taubah.  Suasana malam hari itu begitu damai, begitu mententramkan membuat kita sadar betul akan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat dan kemudian membuat kita menyesali apa yang telah kita perbuat.  Dengan menyesali perbuatan kita pastilah hati ini akan menjadi lebih tentram, yang galau gara-gara ip jeblok atau galau gara-gara putus cinta pasti bisa cepet move on, karena dapat memasrahkan diri semua masalah kepada Allah.

  3. Berkumpul dengan orang shaleh

    Orang-orang shaleh itu ya gak harus anak rohis atau anak yang suka nongkrong di masjid, tetapi orang-orang yang senantiasa saling mengingatkan dalam kebaikan, kalau kita bergabung dan bergaul dengan orang-orang seperti itu insya Allah jalan kita akan selalu lurus, karena kalau salah dikit aja biasanya diingatkan.  Jadi, gak mungkin kita jadi pribadi yang emosional, iri, dengki dan berbagai penyakit hati lainnya.

  4. Perbanyaklah berpuasa

    Puasa itu tidak hanya menahan lapar dan dahaga, dengan berpuasa berarti kita melatih kesabaran, melatih keihklasan bahwa semata-mata semua yang terjadi di dunia ini sudah diatur oleh-Nya, kita hanya ditugaskan berusaha semaksimal mungkin.  Cocok nih buat orang yang galau gara-gara kasih yang tak sampai atau gara-gara nilai jelek ( kayakknya aku ini udah belajar siang dan malam, kok masih saja dapat nilai yang kurang memuaskan ya L , dah sebagainya).  Dengan berpuasa akan lebih mengajarkan kita bagaimana bersyukur atas apa yang sudah diberikan olehnya.

  5. Dzikir malam yang lama

    Dzikir arti katanya adalah mengingat Allah, dengan mengingat Allah berarti kita sadar bahwa kita tidak sendiri, selalu ada Allah di samping kita, selalu ada Allah yang menjaga kita, selalu ada Allah yang senantiasa memberikan karunia dan rahmat.  Ini cocok buat para forever alone yang selalu diselimuti rasa sendiri, galau, gak ada temen dan penyakitpenyakit hati yang sejenis.

    Itulah mungkin beberapa cara yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit hati, penyakit galau atau yang dapat diringkas dengan penyakit psikis.  Alangkah indah hidup ini jika kita bisa selalu sehat fisik dan sehat psikis.  Semoga uraian singkat tadi dapat bermanfaat, jika ada kesalahan maafkan diriku ini yang salah salah merangkum :D.

Sumber : kultum tarawih dengan pengubahan yang sesuai dengan keadaan yang nulis :p

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.