Berusaha Menjadi Bahagia dan Belajar Bersyukur

Hmm, setiap orang pasti akan ada suatu keadaan dimana ia bersedih ataupun gembira.  Kesedihan dan kegembiraan bukan semata-mata karena materi semata, atau duniawi saja.  Ada tiga hal utama yang harus kita lakukan agar menjadi bahagia dan dapat belajar bersyukur

Letakkan Allah di atas segala-galanya

Ingatlah ketika engkau mempunyai masalah, maka engkau harus tetap meletakkan posisi Allah di atas segala-galanya.  Contoh sederhana gini, misal kalian direwangi gak shalat gara-gara ngurus bayi, atau bagi yang mahasiswa ya lupa shalat isya’ gara-gara begadang belajar buat ujian.  Nah, kalau seperti itu apa gak takut ntar kalau Allah cemburu ? kalau udah cemburu bisa jadi nikmat yang diberikan kepada kita diambil sementara.  So, jangan pernah lupa kepada Allah dan jadikanlah perintah-perintah Allah itu yang paling utama.

Jika engkau ingin bahagia, maka bahagiakan orang lain

Jika ingin bahagia maka bahagiakan orang lain.  Kalian tahu kenapa orang-orang kaya itu banyak yang bunuh diri ? orang-orang yang korupsi itu walau hidupnya bermegah-megahan tapi gak pernah tenang hidupnya ? ya karena mereka tidak membagi harta mereka, kebahagian mereka kepintaran mereka dengan orang lain.  Mereka mereka yang sombong dan serakah akan selalu disibukkan oleh hal-hal keduniawian saja, mereka terus mengejar tanpa tahu harus diapakan dan akibatnya mereka tersebut dirundung kesengsaraan.

Pahami dan sadarlah bahwa engkau butuh Allah

Nah ini yang paling penting.  Sadarlah bahwa kamu ini butuh Allah.  Jangan pernah menganggap bahwa kamu bisa melakukan apa-apa sendiri, setiap apa pun yang engkau lakukan pasti engkau butuh Allah.  Jangan menyepelekan perintah perintah Allah.  Contoh sederhana gini, ketika kamu mengerjakan shalat wajib kadang terasa sangat berat untuk shalat rawatibnya, atau ketika pas puasa seperti ini salat tarawih sangatlah berat kalau terakhir2 gini. Alah cuman sunah we lho, alah yang penting yang wajib sudah dilakoni.  Kalau kalian masih menganggap begitu berarti kalian belum sepenuhnya sadar bahwa kalian membutuhkan Allah.

Nah segitu dulu, tips untuk menjadi bahagia dan belajar syukur, kalau ada kekurangan mohon ditambahi atau dikoreksi ya.  Tulisan ini juga Cuma rangkuman dari kultum penulis sendiri masih belum pandai melakukan ketiga hal tersebut.

Sumber : Kultum Tarawih

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.