Cara Merawat Rem Cakram pada Sepeda Motor

Rem cakram itu memang buat ngerem pakem banget, tapi ati-ati lho gan, kalau gak dirawat dengan baik rem cakram akan menjadi sesuatu yang dapat membunuh pengendaranya.

Lho kok bisa ? Bisa dong, rem cakram itu bisa bikin rem blong atau bisa jadi kalau diinjak ngerem terus. Coba bayangkan kalau ada kita sedang mengendarain dengan kecepatan tinggi dari gunung gitu, terus kita rem mendadak ternyata remnya blong pasti akan menjadi panic kan, dan akhirnya nyemplung ke jurang . . ( sungguh sangat berbahaya hehe )

Atau kalau kita jalan gak terlalu kenceng sih, tapi lagi di jalanan yang rame pas samping-sampingnya truk-truk gedhe gitu, sampai kita ngerem mendadak gara-gara sesuatu terus remnya gak bisa balik lagi, bisa bisa kita jatuh dan . . . *krek dah tinggal nama kita L

Makanya sering-sering lakukan perawatan pada rem cakram anda, apalagai kalau motor anda pakai dual rem cakram, bahaya tuh.

Hal-hal dan kondisi yang harus diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut :

Minyak Rem ( tempatnya kotak item kalau rem di depan biasanya, atau di samping di dalam body kalau rem cakram di belakang )

Paling mudah ni, tinggal lihat aja di kotak minyak rem cakramnya, jika udah pada posisi lower ( apalagi udah abis ) harus di tambah lagi minyak remnya. Minyak rem jangan beli yang abal-abal ya yang sesuai 😀

Kampas Rem ( Brake Pads kalo digambar )

Ini juga kudu diperhatikan, soalnya kalau sampai kampasnya abis bisa merusak piringan ( emang sih buat ngerem masih bisa ) tapi biasanya ntar jadi seret ban-nya, ane gak pernah dapet cerita gara2 kampas rem abis bisa bikin rem macet, tapi tetep ini sangat direkomendasikan. Oh ya kampas rem juga jangan abal-abal ( soalnya banyak kejadian gara-gara abal-abal rem ini bisa macet ). Kampas rem itu ceritanya dibuat dari bahan khusus sehingga ketika dia kena panas berlebih nggak lengket, gak ngrusak piringan juga, nah kalau yang abal-abal biasanya suka lengket ( ini pernah kejadian, tetanggaku rem nya macet gara-gara kampas nya abal-abal, akhirnya ya jatoh dia ).

Sering nge-blong sendiri

Sering nge blong sendiri ini biasanya gara-gara penyetelan rem yang kurang pas. Kalau nge blong sendiri pas di jalan, cara ngembaliinnya adalah dengan cara di rem rem ( di teken, lepas, teken lepas ) secara terus menerus sampi gak nge blong lagi. Nah nanti kalau pas di bengkel suruh mas nya suruh nyetelin lagi rem nya. Oh ya bisa juga sih nyetelin sendiri, tapi susah dijelaskan dengan tulisan haha

Peringatan bagi yang sering maen di laut

Air dan angin laut itu ceritanya bikin cepet motor berkarat, jangan sampai nih piringan sampai berkarat, karena bisa akan menjadi seret terus jadi macet lagi ntar. Nah solusinya kalau habis dari laut cepet-cepet dicuci hehe, sebenarnya biar semua rangka motor lebih awet juga kalau ini

Oke sekian tipsnya mungkin, kalau ada yang mau nambahin tinggal komen dimari saja 😀

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.