Gambaran Umum Data Mining

Ilustrasi Data MiningData mining ( Penggalian Data ) merupakan salah satu ilmu yang mempelajari bagaimana mendapatkan suatu Informasi dari banyak Data.  Ceritanya nih dalam dunia sekarang kan udah banyak banget sistem Informasi yang akan menyebabkan melimpahnya suatu Data. Nah tetapi masalah yang timbul adalah, Data yang berlimpah itu buat apa ? seorang stakeholder harus ngapain biar bisa dapat suatu hal yang berguna atau menarik dari Data yang banyak tersebut ? maka timbullah ilmu ini, yang disebut Data mining.  Contoh sederhananya gini di suatu supermarket ada suatu sistem Informasi penjualan. Nah setelah beberapa tahun nih dilakukan analisa Data, percuma dong Data yang banyak cuman sebagai history doang hehe.

Misal dari Data tersebut kita pengen dapat Informasi kalau pas mau lebaran itu barang yang dibeli apa aja sih ? apa keterkaitan bulan ramadhan dengan barang-barang yang dibeli di supermarket tersebut ? atau kalau orang habis dapat THR itu biasanya dihabisin buat barang apa ya ? dan lain sebagainya.

Bisa juga Informasi tentang suatu ketergantungan barang. Contohnya gini misal ada orang yang membeli sikat gigi, nah cenderungnya nih orang-orang yang beli sikat gigi ini biasanya beli apa lagi ya ? dengan begitu akhirnya bisa jadi timbul suatu Informasi baru yang bisa dimanfaatkan.  Manfaatkannya gimana ? nah coba lihat di supermarket-supermarket biasanya nih kalau orang beli sikat gigi kan sama pastanya sekalian, akhirnya rak-raknya pun di deketkan, atau bisa juga buat sarana promosi, misal perusahaan penyedia sikat gigi mengeluarkan produk baru, gak mungkin kan konsumen langsung mengenali, akhirnya dia kasih promo buat hadiah saat konsumen beli pasta gigi.

Contoh-contoh diatas baru contoh yang sederhana, nanti pas mempelajari Data mining bisa lebih kompleks lagi ( kalau ditambah belajar sendiri lho ya :p ).  Tujuan mempelajari ini ya intinya kita melakukan penggalian Data, gimana dengan Data yang besar itu kita dapat mendapatkan Informasi yang banyak.. Penasaran ? ambil aja Data mining ? :p

Leave a Comment