Kebudayaan Indonesia yang Hampir Punah

Dahulu kala, entah kalau sekarang haha, Indonesia itu dikenal sebagai negara yang berbudaya, Indonesia dikenal sebagai negara yang mempunyai ramah-tamah dan unggah-ungguh yang tinggi.  Berbeda dengan negara yang lain, Indonesia dahulu menerapkan kebudayaan ini turun temurun tanpa ada panduan apapun hehe.  Nah ini beberapa contoh budaya Indonesia yang baik (khususnya di jawa ye, kalau yang lain mohon ditambahin sendiri ntar  )

Budaya Memakai Pakaian Yang Sopan

Dahulu kala Indonesia memiliki budaya ini, jadi cewek-cewek yang pergi ke luar rumah dengan pakaian minim dikit dianggap tabu, bahkan bisa-bisa malah dianggap aneh bagi sebagian orang terus ya terus dicuekin oleh masing-masing orang.

Budaya Gotong Royong Dan Saling Tolong Menolong

Dahulu kala Indonesia ini dikenal sebagai negara yang suka tolong menolong.  Masih inget ane kalau di desa ada orang yang bikin rumah, bisa bisa satu desa bantu bikin rumah ya ntar tuan rumahnya ngasih upah dikit gitu, tapi ya seikhlasnya.  Terus lagi kalau tiap minggu gitu biasanya nih orangnya pada bersihin desa gitu, kalau pas lagi musim panen gitu ya pada kumpul ke sawah.

Budaya Indonesia Ramah Banget

Dahulu kalau di desa ada orang lewat pasti yang duduk gitu atau yang lewat nyapa, “eh pada mau kemana ini ?” gitu atau kalau yang lewat itu masih lihat yang dilewatin bersih-bersih, ya basa basi gitu “ wah lagi bersh-bersih ya jeng ?” hehe padahal dah tau kalau lagi bersih-bersih, terus dilanjutin, disuruh mampir dulu, terus nolak dengan baik gitu hehe.

Budaya Indonesia Kalau Anak Perawan Gak Boleh Keluar Malam

Hehe, kalau ini sampai dibuat cangkrimannya nih, katanya perawan itu singkatan dari “yen pepara wayah awan” yang artinya jika keluar ya ketika diwaktu siang.  Budaya Indonesia yang satu ini mang agak mulai musnah sih, katanya emansipasi gitu, tapi ya entahlah yang bener yang mana, kalau menurut ane sih budaya Indonesia yang satu ini baik kok soalnya mengajarkan bahwa anak gadis itu bahaya kalau keluar malam, jikalau keluar ya mbok ditemenin ayah atau kakaknya gitu.  Apalagi kalau keluar malam biasanya identik dengan gadis-gadis yang gak bener, oleh karena itu budaya ini bertujuan untuk melarang hal tersebut.

Budaya Indonesia Pake Bahasa Karma Ke Orang Yang Lebih Tua

Budaya Indonesia yang satu ini khusus di jawa ye, khususnya di jawa tengah.  Nah kalau dulu dari sd sampai sma di jawa tengah itu ada pelajaran yang namanya bahasa jawa, gak tau kalau sekarang masih ada atau gak, ya tujuannya mengenalkan unggah-ungguh gitu.  Tapi katanya ada yang berpendapat ini itu bikin orang rendah diri, gak tau darimananya rendah dirinya haha. .  menurut ane bagus kalau bisa memakainya, kalau gak bisa, ya pakai bahasa Indonesia aja 😀

Mungkin sekian dulu ye tulisannya, yang nulis lagi ngantuk, haha ntar kalau ada lagi kita sambung lagi.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.