Belajar Koneksi MySQL dengan PHP

Belajar membuat koneksi mysql dengan php ini sebenarnya sudah ada di referensi booknya, jadi bagi kalian yang sudah mengerti dan pengen yang lebih kompleks bisa maen ke referensinya langsung dimari

http://php.net/manual/en/book.mysqli.php

Oke, sekarang kita belajar bagaimana membuat koneksi ke database MySQL dari bahasa PHP.  Bahasa PHP sendiri merupakan bahasa umum yang digunakan untuk pembangunan aplikasi yang berbasis web.  Tanpa Panjang lebar lagi silakan buat database yang Anda inginkan ( asumsinya kalian udah bikin database sendiri ya, kalau belum silakan buka disini dulu http://ekolistiyono.my.id/2013/06/belajar-membuat-database-dengan-MySQL/ )

Oke kalau sudah cermati kode program berikut ini :

<?php
class Database {
	function konekDatabase(){
		//membuat jalur koneksi ke database
        return new mysqli("localhost", "usernameMysql(defaultnya root)", "passwordmysql(defaultnya kosong)", "nama database kalian");
	}
	function insert($nama)
	{
		$koneksi = $this->konekDatabase();
		$query = $koneksi->prepare("INSERT INTO `user`(`nama`) VALUES (?);");
		$query->bind_param("s", $nama);
		$query->execute();
 
		if($query->affected_rows > 0)
		{
			return true;
		}else
		{
			return false;
		}
	}
}
?>

Di kode program tersebut terlihat bahwa kita membuat suatu class bernama database.  Ceritanya class ini digunakan untuk berkomunikasi dengan database MySQL.

Nah, terlihat juga disana ada dua fungsi yaitu konekDatabase dan insert

Fungsi konekDatabase merupakan fungsi yang digunakan untuk membangun sebuah koneksi ke database.  konekDatabase ini akan mengembalikan object mysqli ( representasi koneksi antara PHP dan MySQL).

Fungsi insert digunakan untuk memasukkan data ke dalam database.

Dalam fungsi insert kita membuat satu variable bernama $koneksi dan di inisialisasikan terhadap fungsi konekDatabase sehingga variable $koneksi ini sekarang merupakan representasi koneksi PHP dan MySQL.

$query merupakan variable yang digunakan untuk mempersiapkan query yang akan diproses oleh MySQL $koneksi->prepare berarti kita akan mempersiapkan querynya , tanda ? merupakan parameter yang nanti akan diganti oleh masukkan yang diberikan oleh user.

$query->bind_param ini secara gampangnya dia mengganti ? tadi dengan masukkan yang diberikan oleh user.

$query->execute() berarti query yang sudah di set diatas siap dieksekusi oleh MySQL

Selesai sampai disini.

Nah untuk memastikannya sekarang kita cek apakah sudah masuka atau belum, caranya adalah dengan melihat apakan ada row yang berhasil di insert, yaitu dengan menggunakan kode $query->affected_rows jika dia bernilai 0 maka tidak ada data yang berhasil dimasukkan, jika bernilai lebih dari 0 ada data yang berhasil dimasukkan.

Selesai, untuk tutorial selanjutnya tunggu saja ya :p. kalau kurang jelas silakan komentar atau chat aja hehe

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.