Etika, Ketuk Pintu Dulu Ya

ketuk pintuHehe, kemarin ane dapat sebuah nasehat luar biasa dari salah seorang dosen.  Hmm, sangat lembut penyampainnya dan friendly banget. Ya, tentang masalah etika dan tata karma, biasanya nih hal ini sangat susah buat diajarin ke mahasiswa-mahasiswa yang nota bene orang-orang yang sok intelek haha. .  Kalau sudah menyangkut masalah etika biasanya pada gak mau dinasehatin, ya gak sepenuhnya salah, mungkin karena penyampaian nasehat yang kurang pas.  Nah kalau dosen ane nih menyampaikannya lembut banget, mungkin bisa dibilang secara tersirat kali ya 😀

Kejadiannya seperti ini, waktu itu ane dan temen-temen ane mau minta beberapa tanda tangan, ceritanya dosennya itu lagi di luar ruangan dan karena kita sudah sering ketemu, jadi langsung saja menyampaikan maksud kami ke beliau.

Singkat cerita kita disuruh mengumpulkan terlebih dahulu surat tersebut ke meja nya.  Kebetulan ruangannya memang dekat, nah disini mulai nasehatnya, ceritanya kita mau masuk terus beliau ngasih tau, “Ketuk Pintu Dulu”.  Waktu itu ane gak sadar hehe, malah becanda paling maksudnya gara-gara ruangan baru kali aja ada setannya wkwkwkwk.  Bapaknya juga sambil senyum-senyum gitu, kirain becanda hehe.

Ya, tetep kita laksanakan, padahal kita tahu lho di ruangan gak ada siapa-siapa lagi hehe.  Pun pas balik lagi juga gitu ( maklum kita kadang agak-agak sedikit gak jelas, mau minta tanda tangan eh, kita sendiri lupa tanda tangan :hammer: ), suruh Ketuk Pintu dulu sebelum masuk.  Pas mau pulang nih, ane baru sadar ternyata pesan beliau itu sangat dalam.

Ya, itu tadi masalah etika sebenarnya, jadi entah ada atau tidak orangnya ketika kita mau masuk ke dalam ruangan, entah rumah orang, entah kos orang, entah ruangan dosen baik ada atau tidak ada, baik kenal atau tidak kenal baiknya Ketuk Pintu dulu, gak boleh langsung masuk saja.  Ketuk Pintu mengandung arti bahwa kita meminta izin kepada orang lain untuk masuk dan memberitahu kepada orang lain bahwa ada tamu di ruangannya.  Jadi, mulai sekarang jangan suka masuk ruangan kos orang ataupun rumah orang ataupun ruang dosen seenaknya sendiri, minimal harus Ketuk Pintu dulu.  Mungkin ini hanya terjadi di Indonesia, jadi sekalian melestarikan budaya ketimuran kita.  Daripada sibuk memprotes ini salah itu salah, kenapa gak memperbaiki diri ? hehehe . . .  ( kayaknya lama-lama beda topik, jadi sampai disini dulu renungannya ).

Ketika mau masuk ke ruangan orang, maka sebaiknya Ketuk Pintu dulu 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.