Ajining Diri Saka Lathi, Ajining Raga Saka Busana, Agama Agemaning Diri

harga diriAjining diri saka lathi, mengandung makna bahwa seseorang dapat dihargai itu berdasarkan ucapannya atau lidahnya. Nah salah satu contohnya adalah orang akan lebih dihargai di masyarakat ketika tidak bersikap sombong, atau dia dapat bertata krama dengan baik.  Ada juga orang-orang yang berilmu ya jangan sombong, sebaliknya cobalah menyebarkan ilmu kalian itu dengan bahasa yang santun dan tidak menyinggung perasaan orang lain.  Bisa juga diartikan bahwa dalam setiap kehidupan kita harus selalu menjaga setiap ucapan agar senantiasa berucap benar dan tidak berkata dusta.

Ajining raga saka busana, mengandung makna bahwa berharganya penampilan seseorang itu dinilai dari busana yang ia pakai.  Nah ini nih, yang sekarang jadi tren anak muda pakai pakaian rada-rada aneh haha.  Okelah kalau yang namanya rok mini, atau pakaian ketat kita semua dah sepakat nih kalau itu memang sebenarnya membuat harga penampilan kita jatuh, yah walau ane nih emang seneng muji kok tambah cantik ya wkwkwk ( secara ane laki broh ).  Tapi yang lebih ane bingung nih, banyak perilaku  anak muda pakai jilbab tapi bajunya transparan dan ketat.  Jujur dari lubuk hati ane yang paling dalam sebenarnya suka sih haha ( secara ane laki wkwkwk ), kalau dari cowok ya kalau bisa pakaiannya jangan ketat, kaya maho soalnye haha ( tapi hampir gak pernah liat sih kalau dilingkungan ane 😀 ). Semua itu kalau bisa jangan yang diatas itu jangan dilakuin ye gan. Kenapa ? ya karena berharganya tubuh atau penampilan itu dari busana.  Tentu dong kalian gak mau di cap sebagai cewek murahan, karena ane tahu yang bisa sampai baca tulisan ane ini semuanya adalah orang-orang hebat ( ya iyalah dah kenal komputer soalnya :p ) pasti memiliki harga diri yang tinggi.  Makanya yang udah baca ni artikel kalau bisa mulai perbaiki busananya ya gan.  Ya yang udah berjilbab diperbaiki lagi dengan memakai pakaian yang longgar gitu, sukur2 pakai rok, emm pernah lihat putri salju ? nah dia elegan kan ya ? ya kek gitu tuh cewek yang pakai jilbab n rok panjang bahkan lebih 😀 (ayu n elegan hoho).  kalau yang non ya pakaiannya yang sopan gitu sist.

Agama agemaning diri mengandung arti bahwa agama itu merupakan pakaian untuk diri kita.  Lha, maksud pakaian ini adalah dimanapun kita, tingkah laku kita harus sesuai dengan peraturan dan norma-norma agama.  Yakin deh kalau kita mengikuti aturan-aturan yang udah ditentuin ama agama pasti hidup kita bakalan lurus.  Okeh gan, segitu mungkin penjelasan paribasan jawa, ajining diri saka lathi, ajining raga saka busana, agama agemaning diri. Sorry lho broh kalau ada yang kesinggung atau salah-salah tulis.

Leave a Comment