Memaknai Ijab Qabul

Haha, entah kenapa gara2  tadi pidato pak rektor yang puitis ane jadi pingin bahas tentang Ijab Qabul.  oh ya kalau ada kesalahan ya mohon maap dan koreksinya :D.

Ijab Qabul “saya terima nikahnya fulana binti fulan dengan mas kawin seperangkat alat shalat dibayar tunai”. Ya kalimatnya sederhana, dan bisa diucapin hanya satu nafas walau kadang ada yang gerogi maupun terbata-bata ( sejujurnya yang nulis pun belum pernah ngucapin wkwkwk jadi ndak tau juga besok pas waktunya bisa lancar atau ndak haha ).

Ijab menurut bahasa artinya “ucapan tanda penyerahan dr pihak yg menyerahkan dl suatu perjanjian” (kamus kata), kabul artinya “jual beli”.  Walaupun secara harfiah seperti itu, tetapi kita tidak bisa mengartikan seperti jual beli, karena wanita itu bukan benda atau apapun yang bisa diperjualbelikan.  Ijab Qabul lebih mengandung arti perpindahan tanggung jawab antara orang tua sang wanita ke mempelai pria.

Ketika Ijab Qabul itu terucap di depan penghulu berarti mempelai pria sudah menjadi seorang suami.  Seorang suami itu berarti bertanggung jawab penuh atas perilaku dan tindak tanduk akan istrinya.  Dan dibarengi dengan itu berarti sang ayah dari seorang wanita tersebut terlepas dari tanggung jawab akan anaknya.  Seorang suami yang gagal mengajak dan membimbing istrinya untuk taat kepada-Nya maka bisa jadi itu menariknya dari pintu-pintu surga jatuh ke pintu neraka.  Berat ya, haha . .  ( jangan dibayangin ntar malah gak ada rencana nikah lagi :-D).

Makanya, buat para cowok nih kalau nyari calon yang bener ye gan, jangan asal cantik langsung maen embat.  Biasanya nih anak muda kalau udah lihat cewek cantik langsung maen deketin aja haha ( termasuk yang nulis sih wkwkwkwk ).

oh ya dalam memilih jodoh nih, ada hadistnya juga lhoh ( dulu ayah sering ngasih tahu ini 😀 ) :

“Seorang perempuan dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, karena kedudukannya, karena kecantikannya, (atau) karena agamanya. Pilihlah yang beragama, maka kau akan beruntung”.

Terus gimana buat nyari yang bener agamanya ? gimana cara dapatnya ?

kalau dari nasehat-nasehat yang pernah ane dapet sih, caranya adalah dengan sabar dan terus perbaiki diri gan :D. Bener atau gak ? lha mbuh, lagi di coba soalnya 😛

Gak mungkin kalian dapet jodoh gadis alim yang bangun jam 03.00 pagi buat bersujud kepada-Nya kalo kalian sendiri bangun shalat shubuh aja jam 07.00 ,

Gak mungkin kalian dapat gadis alim yang hafal al-qur’an kalau kalian ngaji aja belum lempeng .

Gak mungkin kalian dapat gadis yang selalu terjaga pandangannya kalo kalian sendiri masih pada jelalatan :-P.

yuh yuh perbaiki diri aja sejak sekarang hehe . .

referensi : http://www.fimadani.com/makna-di-balik-mahar-seperangkat-alat-sholat/

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.