Cara Membuat Website yang Mudah

Membuat Website sampai mempunyai nama Domain sendiri sebenarnya terbilang cukup mudah, karena kita tidak perlu menulis-nulis kode.  Dengan bantuan Softaculous dan CMS ( Content Management System ) kita dapat membangun Website dengan beberapa kali klik saja.

Oke sebelum membuat Website hal yang harus kita persiapkan adalah membeli Hosting dan Domainnya dulu.  Untuk membeli Hosting dan Domainnya dapat dilakukan dimana saja, contoh kalau di situs ini ya di http://cloudmild.co.id.

Nb :

Hosting, merupakan sebuah tempat yang menampung data-data yang dimana Hosting ini dapat kita akses melalui Internet.  ( analoginya seperti kita beli hardisk tapi barangnya ada di Internet ( ada tapi tak terlihat haha ) ).

Domain, merupakan sebuah alamat yang digunakan untuk mengakses ke Hosting tadi.  Tentu nama alamat ini unik. Seperti http://ekolistiyono.my.id ya pasti ntar nyungsepnya akan ke Hosting ini. Apakah suatu Hosting bisa punya banyak alamat Domain ? ya bisa-bisa aja.

Nah cara membelinya sama kok seperti beli barang online, jadi kita pesan dahulu Domainnya apakah masih tersedia atau gak, kalau masih tinggal lanjut ke pembayaran.  Setelah itu nanti kita tinggal transfer sejumlah uang sesuai petunjuknya.

Setelah pembelian Hosting dan Domain dibeli langkah selanjutnya adalah mengakses cpanelCpanel merupakan sebuah control panel dari Hosting yang kita buat.  Nanti kita akan dikirimi email oleh penyedia layanan nah di email tersebut tertera alamat cpanel yang harus diakses, username, dan passwordnya.

cpanel

Setelah itu diakses langkah selanjutnya adalah menginstall content management systemnya ( CMS ).

CMS adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan Website yang berbasis konten.  Jadi pengguna tidak dipusingkan lagi dengan bahasa pemrograman. 

Nah cara penginstalannya biasanya di dalam cpanel tersebut ada modul yang bernama softaculous , atau ada modul yang bernama fantastico ( tergantung penyedia layanan Hostingnya ).

softaculous1

Setelah di klik nanti akan muncul banyak pilihan CMS, mulai dari sini sebenarnya terserah kalian mau install yang mana.  Berikut piliah yang sering dipakai :

WordPress : digunakan untuk keperluan blogging ( blog merupakan sebuah Website yang kontennya diurutkan dari paling terbaru ke paling lama ) contohnya ya web ini.

Joomla : diguankan untuk keperluan pembuatan Website resmi, misal company profile perusahaan, atau yang lainnya.

phpBB : digunakan untuk keperluan pembuatan Website forum, misal kalian ingin membuat sebuah forum komunitas maka pilih ini

Prestashop : digunakan untuk keperluan pembuatan Website e-commerce, digunakan untuk membuat toko online.

Dan masih banyak lagi yang lainnya ( belajar dhewe, diinstall sendiri haha )

softaculous

Nah kalau sudah dipilih maka, pilih install, maka akan diberikan satu form berupa pertanyaan terkait dengan keperluan pembuatan Website tersebut, tinggal diisi saja sesuai perintah.

Ya kurang lebih cuman segitu aja sih bikin Websitenya, jadi tidak ada nulis-nulis baris perintah apapun, kecuali cuman sedikit hehe.  Setelah jadi baru diisi konten-kontentnya dan ya sama seperti nulis di word gitu, tinggal copy paste upload selesai dah, kita sudah bisa nge-blog, atau jualan, atau bikin forum, dan lain sebagainya.  Jika kurang jelas silakan bertanya ^_^

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.