Penyusunan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SRS)

Software Requirement Specification ( Spesifikasi Kebutuhan Perangkat lunak ) merupakan dokumen yang menjelaskan berbagai fungsi yang harus dipenuhi oleh suatu perangkat lunak.  Normalnya SRS ini dibangun bersama-sama baik dari pelanggan maupun pengembang ( *nb : pengembang itu yang bikin perangkat lunak,  pelanggan yang minta dibikin perangkat lunak ).

Pembuatan dokumennya pun ada standarnya yaitu mengikuti format IEEE ( di kelas pasti dah dapat templatenya :-p ) biar tidak ambigu.  Kegunaan dari pembuatan SRS ini yaitu :

  1. Sebenarnya ini sebagai kontrak, pokokmen ntar perangkat lunak yang dibuat oleh pengembang adalah seperti yang tertera di SRS.
  2. Sebagai acuan dalam pembuatan perangkat lunak, jadi nanti ketika pengembang sudah membangun, ya acuannya ini, untuk validasi dan pengetesan haruslah terkait dengan SRS ini.
  3. Karena sekilas dah terlihat gambaran umum perangkat lunaknya maka bisa dibuat rencana milestone nya ( jadwal kegiatannya ).
  4. Sebagai dokumen untuk perangkat lunak, misal nih tiba-tiba pengembangnya meninggal, ya kalau ada SRS, orang lain bisa melanjutkannya ( serem men analoginya -_- )
  5. Cari di google aja ah, haruse akeh haha . .

Ok, sebenarnya habis cari dari google harusnya banyak teori-teori yang didapatkan kayak istilah-istilah dari SRS , karakteristik, sifat dan lain-lain :D.  Nah yang paling ditekankan dalam penulisan di blog ini adalah, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat merancang Spesifikasi Kebutuhan Perangkat lunak :

  1. Pertama sebelum membuat SRS harus dibayangkan terlebih dahulu, jan-jane kalian mau bikin perangkat lunak untuk apa dan apa sih yang kira-kira dibutuhkan oleh pelanggan.
  2. Dari point a pasti dapat dong, nantinya perangkat lunaknya bisa ngapain aja ?
  3. Perangkat lunaknya tadi mau bentuknya seperti apa ( mau web based kah, mau desktop, mau buat di hape, dll ) terus perangkat keras yang dibutuhkan apa, apakah terkait dengan perangkat lunak yang lain ? ( contoh misal : buat software tentang sistem penjualan, berarti kira-kira perangkat kerasnya yang dibutuhin apa aja, bisa terkait dengan software yang lain gak misal sistem inventory dll ).
  4. Kalau gak salah biasanya ada yang disebut dengan kebutuhan non fungsional, nah itu terkait dengan kecepatan perangkat lunak nantinya, keamanan, bahasa, gimana cara recovery dll.
  5. Empat poin diatas kan membayangkan nih, jangan bayangkan yang wah-wah dulu (*baca : lebay) tetapi jelas oh nanti finishnya perangkat lunak yang akan dibuat itu sampai sini.
  6. Belajarlah dari google tentang perangkat lunak yang akan kamu buat, kira-kira seperti apa ya.

Nah mungkin ke lima poin diatas ditambah satu poin tersebut adalah langkah awal dalam pembuatan SRS ( pokokmen jangan ragu untuk membayangkan haha ).  Oh ya hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan SRS adalah sebagai berikut :

  1. Jangan melebar, biasanya nih ada orang yang semangat bikin SRS, pokoknya kudu bisa gini- gini gini dan gini ( ingat kalian cuman dikasih waktu satu semester, jadi ya disesuaikan sama waktunya juga ) jangan never ending improvisation.  Sebenarnya bagus sih, tapiiii lebih bagus lagi kalau sederhana tapi terstruktur dan hasilnya pas.
  2. Jangan terlalu mendetail, maksudnya jangan sampai ke teknis-teknis banget.  Bayangkan dokumen ini diberikan ke pelanggan yang dimana mereka tidak terlalu paham akan dunia pemrograman ( gak usah sampai erd dfd, atau class diagram gitu ).  Cara memastikannya kasihkan dokumen yang udah kalian bikin ke anak kimia kalau mereka paham ya berarti dah pas bahasanya :D.
  3. Jo nambah-nambah, inget kalian dah bikin batasan.  Gak usah minder kok software yang tak bikin cuman kek gini ya -_- .  yo gpp, disini belajar bikin software dengan perancangan yang baik, bukan bagus2an software.
  4. Jangan sungkan buat googling :-p . . .

Akhir tulisan ini adalah selamat bikin SRS, inget bahasanya yang baku, gak boleh ambigu, dan sesuaikan dengan template yang sudah ada :D. Met lembur wkwkwk

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.