Backup File dengan Fasilitas Cloud

Dahulu ketika masih Internet masih mahal dimana Rp 1 / KB atau bahkan lebih mahal dari itu, maka media terbaik dan paling murah untuk backup data adalah di hardisk eksternal maupun di flasdisk.  Permasalahannya adalah kadang orang bingung mana ya yang udah tak backup, mana yang belum, akhirnya file-file backupnya bernama lapora, laporaa, laporan akhir, laporan paling akhir, laporan paling paling akhir hahaha . . Dah gitu kadang flashdisknya ilang lagi dan terus tanpa di duga filenya yang di komputer ilang juga, ya udah deh harus rela ulang ngetik dari awal hehe

Tapi, sekarang cara seperti itu sepertinya sudah agak ketinggalan jaman, karena selain tidak aman juga dirasa kurang praktis apalagi sekarang biaya Internet sudah sangat murah 😀 .

Lalu apa metode terbaru buat backup data ? oke, kali ini ane kenalin dengan yang namanya cloud (awan).  Lho kok awan ? hehehe, itu cuman istilah broh, jadi ceritanya kita akan menyimpan file kita di suatu penyimpanan yang di Internet. Tentu lebih aman dong, kita gak perlu lagi memeriksa apakah file kita udah ke backup belum karena rata-rata penyedia cloud biasanya auto sinkron dengan folder kita 😀 . Macam-macam file awan pun banyak lho, yang paling terkenal menurut ane yaitu, google drive, one drive, ubuntu one, wuala dan dropbox.

Ok, ntar yang ane ulas cuman google drive ama one drive aja ye.

Google Drive

Merupakan suatu penyimpanan cloud yang disediain oleh google, google drive ini defaultnya kita dikasih space 15GB, cukup banyak kan ? dan enaknya lagi google drive ini tersinkron juga dengan email google kita (jadi misal kita dapet attachment dari gmail, kita bisa langsung simpan ke google drive ), menarik kan ? dan it’s free hoho.

Cara installnya mudah banget kok tinggal daftar dulu dimari http://drive.google.com  (oh ya kalau dah punya email google buat login bisa kok ). Nah nanti di pojok kiri bawah ada tulisan, pasang di komputer saya, terus itu di klik aja dan install deh (gak usah ane jelasin yakz cuman next next doang kok hehe ), nanti setelah selesai bakalan suruh milih folder di komputer mana yang mau di sinkron ama google drive, dan akhirnya foldernya bentuknya berubah jadi kayak gini.

gdrive

Setelah itu ya pas bikin TA atau laporan pkl disitu aja, kalau konek Internet bakalan langsung ke sinkron ke googlenya, jadi misal tiba-tiba laptopnya mbledug pun gak masalah, file tetep aman hoho (jane masalah juga sih -_- )

One Drive

One drive lho ya bukan one heart hehe, dulu namanya lebih keren lho skydrive, dengan lambang awan biru juga, gak tau kenapa diganti ? gosipnya gara-gara hak paten nama.  Skydrive ini punyaknya microsoft, sama kayak google tadi one drive juga ngasih fitur yang mirip. Secara default sih one drive ini diberikan space 7GB (lebih kecil sih emang -_- ). Nah kalau pengen install one drive sebelumnya kudu punya microsoft email (outlook) dan daftar dimari https://onedrive.live.com/ . sama seperti google drive, kalau mau install yang biar sinkron ama laptopnya ya masuk ntar ada pilihan pasang ke komputer saya.  Dan jika kalian install sistem operasinya windows 8 secara default dah keinstall one drivenya. (emang one drive ini full support untuk windows 8 hoho ). nanti sama akan mensinkronkan salah satu folder dan akhirnya foldernya ganti kek gini

onedrive

Oh ya dari keduanya tadi, baik google drive maupun one drive punya fitur bisa ngotak atik dokumen langsung dari webnya tersebut lho, jadi misal kalian pergi ke warnet dan gak pengen kena virus atau apalah, ya edit aja di webnya langsung, tampilannya mirip banget ama microsoft office 😀

Oke, akhir kata silakan di coba yakz, dah capek-capek google ama microsoft bikin cloud gratis buat masyarakat ben gak galau kalau kehilangan data, kita kudu ngehargain paling gak dipake lah hehe. .

Dah, kalau ada pertanyaan posting di kolom komentar aja yakz

Leave a Comment