Implementasi Class Diagram

Hehe, sebelumnya mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan ya, mohon dikritisi.

Kali ini kita akan belajar membuat aplikasi berdasarkan class diagram yang udah dibuat.  Oh ya, sebelumnya class diagram yang akan dipakai ini sebenarnya kurang efektif karena kurang reusable halah apa kuwi haha. 

Ok, langsung saja kita akan mulai buat aplikasi yang bernama diary.  aplikasi ini merupakan aplikasi sederhana dimana membutuhkan admin dan user.  admin merupakan pihak yang dapat membuatkan user, tapi tak diijinkan sedikitpun untuk melihat curhatan user hehe.

user dapat melihat dan mengisi diarynya sendiri secara berkala.  Nah untuk class diagram yang akan kita buat adalah  seperti ini .

diagram class

niatnya sih pakai DAO Pattern tapi kayaknya juga gak bisa disebut itu juga haha, karena gak ada interface buat DAOnya ( benerin sendiri ntar yakz -_-, ini tutorial malah bikin pusing  ), tetapi pada intinya paling nggak kita sudah bisa memisahkan pengaksesan data dari database dan bussiness logic.

hoho ok kodenya gimana, karena lagi sibuk mau ngerjain TA, ane upload aja berikut databasenya -_-. oh ya programnya ini program desktop,

menggunakan vb.net

.net framework 3.5

databasenya menggunakan mssql

alangkah lebih baik kalau dibuka di visual studio 2013, kalau gak ada ya sudah buka pake versi dibawahnya bisa juga kayaknya 😀

aplikasi ini belum jadi, ya udah 50% sih, tapi pada intinya dalam pembelajaran kali ini bagaimana mengejawantahkan dari class diagram menjadi kode.

bagaimana enkapsulasi itu dilakukan, dan bagaimana membuat method atau attribut, terus apalagi ya, ya gitu doang sih haha.

Ingat pada pertemuan sebelumnya kalian sudah berdarah-darah bikin class diagram, masak iya ndak dipakai hehe, kalau ndak dipakai ya ntar pplnya gak seru hihi ( walau inti utamanya sih yang penting programnya jadi dan jalan 😀 )

Linknya dimari

 

Leave a Comment