Cara Copy Paste Tulisan Arab dari Blog

Tutorial ini timbul karena masalah yang dihadapi oleh adekku. Ceritanya dia akan membuat sebuah tugas kelompok yang dimana didalamnya harus ada dalil al-qur’annya ( tulisan arab ).  Nah, karena aku seorang yang baik hati akhirnya tak ajarin cara mencopy tulisan tulisan arab.

Kirain simple, tinggal copy di websitenya lalu paste di wordnya, dan ternyata berantakan hasilnya.  Hurufnya terbalik dari kiri menjadi ke kanan, aku coba dengan mengubah direction menjadi RTL juga tulisan arab tersebut masih berantakan.

Akhirnya aku ingat, sebelum ini pernah membuat sebuah tulisan arab yang digunakan untuk stiker, dan waktu itu tidak masalah karena aku copy paste dari photoshop.  Dan ternyata benar kalau copas ke photoshop tidak bermasalah.

Tapi, tidak mungkin dong kalau aku mencoba copy paste lalu mengajarkan dengan harus membuka photoshop, ntar tambah bingung adekku, dan ternyata aku coba di paste di notepad bisa.  Jadi langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Cari tulisan arab (baik al-qur’an atau hadits) di blog maupun di software al-qur’an, setelah itu block kata-katanya lalu klik kanan copy, atau tekan ctrl + c.
  2. Setelah itu buka program notepad dengan cara tekan windows + r lalu ketikkan notepad (atau kalau windows 7 klik start lalu ketikkan di search nya notepad)
  3. Klik kanan pada notepad lalu pilih paste (atau tekan ctrl + v).
  4. Setelah itu blok lagi huruf-hurufnya lalu copy lagi (tekan ctrl + c)
  5. Setelah itu paste ke word, dan insya Allah hasilnya sesuai yang di blog.

Sekian tutorialnya, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.