Gambaran Singkat Pengenalan Pola

Pengenalan = mengenali

Pola = sesuatu yang berulang-ulang dan mirip

Pengenalan pola

Ilmu yang mempelajari tentang deskripsi dan klasifikasi dari suatu objek

 Tahap pengenalan pola

 

Input Gambar atau video atau audio

Contoh :

Gambar kaleng

Kaleng
Kaleng Coca Cola

PreProsesing

( segmentasi, deteksi tepi, biner, diilangin backgroundnya, diilangin noisenya ) intinya memproses gambar menjadi gambar sederhana agar mudah di ambil cirinya (atau ekstraknya). Contoh sederhana :

Kita akan memeriksa apakah kaleng yang masuk ke conveyor itu penyok atau tidak, maka kita tidak membutuhkan warna dan lain-lain hanya bentuk luarnya saja, sehingga gambarnya harus menggunakan deteksi tepi dan dijadikan biner.

Ekstraksi Fitur Gambar

Ambil fitur2 yang penting dalam gambar untuk kemudian diklasifikasi, misal fitur warna, bentuk, ukuran, dll

Contoh sederhana : misal kita ingin mengetahui mana sih benda2 yang dominan lingkaran penuh dan mana yang enggak, nah jadi kita ambil fitur bentuk.  Kita harus mengetahui ciri-ciri lingkaran itu seperti apa, Lalu kita coba cocokkan dengan algoritma yang sesuai.

(Sebelumnya di deteksi tepi dulu biar lebih mudah nyari bentuknya.)

Klasifikasi

Klasifikasikan, bentuk yang lingkaran penuh dan mana yang tidak penuh, kalau penuh harus diproses untuk apa dan  kalau tidak persis penuh juga harus diapain.

Post processing

Diteliti lebih lanjut komputasinya dah cepet atau belum, hasilnya udah akurat atau belum, kalau belum ya thresholdnya ditune lagi.

Selesai

Mungkin sekilas gambaran pengenalan pola seperti itu, jika tertarik silakan dalami, dasar dari pengenalan pola ini adalah pengolahan citra digital.  Pola bukan hanya gambar bisa juga digunakan untuk pengenalan video atau audio.

Leave a Comment