Parameter Formal dan Aktual

Parameter formal dan parameter aktual merupakan istilah parameter yang digunakan dalam pembentukan fungsi atau prosedur (fungsi yang gak ngembaliin nilai) di dalam algoritma pemrograman.

Sebelumnya parameter itu sendiri dalam konteks ini dapat diartikan sebagai sebuah peubah yang ada di suatu fungsi. Nha kalau fungsi, fungsi adalah sebuah pemetaan yang memetakan suatu parameter menjadi suatu hasil (tanya anak matematika aja kalo bingung, yang nulis juga bingung soale :ngakak )

kalau di matematika misalnya gini

f(x) = x + 6

nha, x disebut dengan parameter, atau bisa juga disebut dengan variabel, atau disebut juga dengan peubah (kalau salah koreksi yak, ane gak paham kalau matematika :ngakak )

Nha kalau di algoritma semua menjadi semakin rumit :hammer: , parameter dibedakan menjadi dua, yaitu parameter formal dan parameter aktual.

Parameter formal adalah parameter yang terdapat atau di deklarasikan pada bagian fungsi contoh :

//contohnya dalam bahasa c aja ya,
double luasSegitiga(double alas, double tinggi){ //nha ini yang disebut dengan parameter formal (bisa dibilang kalau di matematika ya variabelnya kali ya)
return alas * tinggi / 2.0;
}

Parameter aktual itu adalah parameter yang digunakan ketika fungsi itu dipanggil dalam suatu blog program.  Jadi isi dari parameter aktual ini ya berarti nilai, nha nilainya ini yang akan mengganti parameter formal. contoh :

int main(){
double a = 5.0;
double t = 3.0;
double luas = luasSegitiga(a, t); 
//a dan t disini bernilai 5 dan 3
//5 dan 3 akan digunain buat ngitung luas
// a dan t ini merupakan parameter aktual yang memberikan nilai ke parameter formal fungsi luasAlas.
}

begitu kurang lebihnya hehe

Leave a Comment