Standar Harga Aplikasi

Harga Aplikasi

Menentukan harga aplikasi sebenarnya susah-susah gampang.  Sebenarnya kita bisa aja menganggap bahwa yang kita jual itu seperti produk nyata seperti bawang atau cabe, masalahnya apakah ada standar harga aplikasi ?

Di berbagai forum kumpulan orang-orang yang suka mengetik (istilah kerennya programmer / coder ) banyak yang suka sekali berdiskusi tentang masalah ini, tentu ini karena mereka nyari sesuap nasi dari kerja seperti ini, banyak yang mereka keluhkan kenapa standar harga aplikasi di Indonesia ini sangat murah, dibanding di luar negeri.  Di sisi lain sang client di dalam negeri pun kadang melihat “cuman seperti ini aja kok mahal” :berduka

Menurut ane nih gak ada yang salah dalam standar penentuan harga aplikasi, kalau diibaratkan sebagai orang yang bikin kerajinan atau karya bisa diibaratkan seperti tukang kayu (orang yang bikin kursi, pintu, jendela dan lain-lain ).  Penentuan harga secara garis besar dibagi menjadi dua kategori besar, mau berdasarkan kualitas atau kuantitas.  Pelanggan pun begitu ada yang cuman butuh barang tok, ada yang cuman butuh barang dengan kualitas yang bagus.  Ada harga ada barang hehe, kalau belum bisa bikin barang bagus tentu harganya yo gak bisa bagus-bagus banget hehe . . .

Nah ini masalahnya terkadang di kedua belah pihak kurang pas memahaminya, salah satu di sisi coder kadang ya pengen sempurna buat sang pelanggan padahal budget gak seberapa terus merasa dirugikan terus curhat di socmed :ngakak .  Ada juga fenomena para coder membully coder atau pelanggan yang bertransaksi di bawah harga pasaran (entah yang dimaksud dibawah harga pasaran itu yang kek gimana :hammer: ) padahal mereka enjoy enjoy aja tuh, pembeli dan penjual sama-sama senang yang :ngakak .

So, bagi temen-temen gak usah merasa ada yang njatuhin harga atau ada yang merasa harga terlalu mahal ya, itu semua udah ada jalannya masing-masing karena ya seperti itulah dunia per kodean :hammer: yang terpenting adalah gimana sang programmer dapat mengetahui dan menjalankan tanggung jawabnya dengan baik, dah itu aja biar anak-anak kuli code yang lain gak kena getahnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.