Tips Memilih Kayu Untuk Properti

Jenis-jenis kayu

Pembuatan Furniture, decking, flooring ataupun sekedar membuat kusen dan pintu harus diperhatikan jenis-jenis kayunya karena jenis kayu akan menentukan sekali hasil dan kualitas properti yang akan dibuat.  Jenis kayu juga akan menentukan bagaimana kayu tersebut dapat diolah maksimal.

Nah berikut beberapa jenis kayu yang ane ketahui yang biasa digunakan untuk pembuatan properti  (kalau ada salah harap dikoreksi ya :hammer: ini juga gak ilmiah tulisannya ).

Bengkirai (Balau), kayu ini sifatnya keras dan kuat serta tahan terhadap berbagai jenis jamur.  Rayap juga tidak begitu suka kayu ini, karena kayu ini sedikit pahit mungkin (ane pernah nyoba ngemut eh rada pahit emang :hammer: ).  Kayu ini cocok digunakan sebagai pembuatan bantalan kereta api dan juga biasanya digunakan untuk pembuatan flooring pada truk atau tangga.  Bisa juga digunakan untuk pembuatan pintu, kusen atau jendela tetapi jangan yang terkena panas terus karena kayu ini terlalu kuat (dan getas) jadi kalau kena panas biasanya muntir dan pecah-pecah, bisa didempul sih tapi tetep aja jadi gak bagus hehe.  Kayu ini juga mudah menyusut jadi kalau waktu dibuat panel pintu harus diperhatikan juga estimasi susutnya. (walau kalau disiram aer terus biasanya ngembang lagi) Harganya relatif lebih mahal daripada Kruing.

Kruing, kayu ini sifatnya keras juga tetapi tidak sekeras bengkirai, nah kalau kayu ini cocok nih buat bikin jedela ataupun pintu dan kusen.  Warnanya juga bagus karena kemerah-merahan, tetapi kurang tahan terhadap rayap. Harganya sedang lebih murah daripada bengkirai tetapi lebih mahal daripada meranti :ngakak .  Kayu kruing ini agak susah jika di gergaji ataupun di cetak (tapi kalau di industri kayu kayaknya gak ngefek, alatnya kan udah canggih :ngakak )

Jati, kayu ini bagus banget baik diukir baik digunain buat bikin patung, kursi, jendela, dan lain-lain.  Sayangnya kayu ini harganya mahal banget dan sepertinya sekarang sudah mulai langka.  Kayu jati ini juga tahan terhadap rayap (tetapi bagi kayu yang sudah tua saja ya, soalnya kalau yang muda rayap kayaknya malah doyan banget ) Kalau ada dana bolehlah properti di rumah pakai ini semua :ngakak , tapi saran sih untuk bikin usuk atau penyangga pakai bengkirai aja, karena sepertinya lebih kuat bengkirai.

Ulin (Kayu Besi ), kalau kayu ini hampir punah dan ini merupakan kayu khas kalimantan. Mungkin bisa dibilang kayu ulin ini rajanya kayu kali ya, harganya yang supermahal membuatnya jarang digunain di rumah-rumah biasa. Oh ya kayu ini dulunya dibuat sebagai tiang listrik dan yang sejenisnya.

Oke, mungkin segitu dulu ya bagi infonya, sebenarnya jenis kayu di Indonesia ini masih sangat banyak, tapi karena terbatasnya waktu dan ilmu yang ane ketahui ya cukup sekian dulu, terimakasih sudah berkunjung :D.

Leave a Comment