Ramadhan Terakhir

Hari ini insya Allah merupakan Ramadhan terakhir untuk tahun ini. Semoga kita semua diberi kesempatan lagi buat ketemu dengan Ramadhan tahun depan.

Ramadhan sudah hampir berlalu, tapi apakah semua yang diajarkan setiap Ramadhan ikutan berlalu ? Semenjak awal Ramadhan kita selalu dipaksa untuk menahan hawa nafsu, gak boleh makan minum dan ngelakuin segala hal yang dapat membatalkan puasa, dipaksa shalat malam sampai paling gak 11 rakaat, enak ? Tentu gak enak :ngakak , tapi kok ya dilakuin ? Ya itu semua adalah cara yang dilakuin Ramadhan buat menempa kita menjadi pribadi yang lebih baik, yang sabar, yang lebih dewasa sehingga sampai kepada takwa.

Ane yakin nih, kalau kita ngelakuin semuanya itu dengan ikhlas pasti semua ajaran  Ramadhan akan membekas di hati kita. Ramadhan terakhir ini marilah kita semua sujud syukur karena kita semua berhasil sampai di pengunjung Ramadhan. Ukurlah keikhlasan kita dengan melihat perilaku-perilaku kita di bulan depan. Apakah kita tetep istiqamah ngejalanin ajaran Ramadhan ataukah tidak.

Semua amalan itu pasti berat jika belum terbiasa, contoh sederhana kek seperti shalat wajib.  Dulu waktu kecil disuruh shalat wajib aja haduh susah banget, masih sering bolong-bolong, tapi seiring waktu lama-lama hal itu pasti jadi terbiasa, dan menjadi kebutuhan sehingga ketika kita lupa shalat wajib dan udah hampir habis waktunya pasti keburu-buru dan tratapan (apa ya basane :ngakak) , seharusnya ibadah-ibadah yang lain (walau sunah) bisa dibuat seperti itu, yang penting harus membiasakan diri dulu, yo yang belum shalat jamaah saiki sering-sering jamaah, yang udah jamaah shalat wajib e dikawal ama shalat rawatib :ngakak, awal pasti berat, tapi ikhlas aja toh lama-lama jadi kebiasaan, kalau gak bisa yo haruse dipaksa hehe . . .

Ramadhan terakhir ini ane juga minta maaf ya kalo di tulisan ini banyak tulisan yang nyinggung, yang gak bener, yang ra jelas dan kadang malah bikin tambah bingung, semoga kuta semua kembali ke fitri dan menjadi insan yang lebih baik kedepannya Aaamiiin.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.