Review Windows 10

Para penggemar windows pasti sudah tidak sabar ingin segera mencicipi windows 10.  Sebelumnya, kalau Anda ingin mencicipi windows 10 dapat mendaftar dimari terlebih dahulu dan Anda dapat langsung mengunduhya secara gratis di windows insider preview (daftar lalu download deh isonya).  Windows 10 ini masih dalam tahap percobaan sih, lanunchingnya per akhir juli ini kalau gak ada perubahan.  Bagi yang masih ragu ya jangan, karena kemungkinan belum sempurna.  Nah di windows 10 ini menawarkan beberapa fitur terbaru diantaranya adalah sebagai berikut :

Microsoft edge

Microsoft edge merupakan perkembangan dari internet explorer, microsoft edge bentuknya mirip-mirip seperti google chrome.  Untuk kecepatan aksesnya ya sama aja menurut ane, (entah gara-gara kecepatan internetnya yang kecil kali ya).  Pencarian defaultnya adalah bing.

Microsoft Edge
Microsoft Edge

Cortana

Mirip dengan google now, di windows 10 dibenamkan asisten pribadi yaitu cortana (reminder, tanya cuaca, jam dll sayangnya gak bisa disuruh bikinin kopi :ngakak ).  Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda harus mengubah region anda menjadi di US kalau di Indonesia si cortananya belum lahir :berduka .  Cortana juga bisa diajak bercakap-cakap cuman listnya, cocok buat jomblo  cuman ya list commandnya gak terlalu banyak. Mana yang lebih keren, google now atau cortana ? coba tanya cortana aja :ngakak

Cortana
Cortana Windows 10

Notification

Notification terletak di kanan bawah, dari sini Anda dapat mengubah tampilan environmentnya jadi desktop atau tablet.  Kalau jadi tablet maka start menunya akan ilang dan berubah jadi metro style kayak di windows 8.  Kalau mode desktop ada task barnya.

Start menu muncul lagi

Start menu muncul lagi, dan kelihatan lebih elegan karena bagian kanannya terdiri dari windows apps dan yang kirinya aplikasi-aplikasi yang sering kita pakai, kalau gak ada tinggal search di cortana aja atau klik all apps, ntar juga muncul, kalau gak muncul ya kasih shortcut ke desktop :ngakak

Windows 10 Start Menu
Windows 10 Start Menu

File explorer

pada file explorer ditambahkan quick access.   quick access ini berisi folder folder yang sering diakses (harusnya ini membantu para officer-officer yang bekerja di satu folder tertentu, jadinya gak perlu masuk-masuk ke sub folder-sub folder lagi)

Game

Bawaan gamenya adalah solitaire, gameplaynya mirip dengan solitaire classic tetapi ada tambahan efek saja jadi tentu lebih bagus, untuk game-game yang lain dapat didapatkan juga secara gratis tapi harus download dulu.

Windows 10 Solitaire
Windows 10 Solitaire

Interface

Windows 10 mirip dengan environment linux karena ketika Anda mau pindah tab task dengan menggunakan shortcut windows + tab maka window yang aktif bakalan jadi kecil kecil. Selain itu kalian juga dapat membuat tambahan desktop virtual juga.

Windows Tab Environment
Windows Tab Environment

Dan masih banyak lagi yang lainnya. Secara desain ane terlihat lebih modern, lebih menyudut dan lebih terlihat kotak banget dibanding dengan windows 8.  Windows 10 sudah compatible dengan hardware yang standar paling gak di laptop ane (HP G4 2132Tx) udah didukung semua, tetapi mungkin belum stabil karena memang ane rasakan laptopnya sedikit lebih panas.

Menurut Jagat Review ternyata windows 10 ini automatic updatenya tidak dapat dimatikan, hal itu juga sebaiknya jadi pertimbangan saat agan-agan mengupgrade. (Ane cari di windows update juga gak nemu settingnya :ngakak , kirain dulu gara-gara masih tahap review ).  Standar aplikasi office dapat diinstall di windows 10 ini.

3 thoughts on “Review Windows 10

    • ada, daftar dulu di insider preview nanti bakalan dapat serial number, nah serial number itu bisa aktif selamanya, bisa di cek seperti ini.
      tekan windows + r ketik cmd (buka command prompt ) terus ketik ini , slmgr/xpr seharusnya muncul notifikasi permanent activated 😀

  1. Mas,,kalau ane udah download sebelumnya dan ane tidak mendaftar saat itu,,
    apa mesti daftar ulang untuk bisa dapatkan serial numbernya yah ??

Leave a Comment