Menggunakan Tinta HP ke Catridge Canon

Apa yang terjadi jika kita menyuntikkan tinta HP ke tinta canon ? jawabannya adalah catridge canon akan menjadi rusak (setidaknya inilah yang saya alami dengan printer canon IP2770).  Kejadian ini saya alami sendiri ketika saya iseng karena tinta HP yang saya punya sudah tidak pernah terpakai (printer HP nya sudah rusak catridgenya) dan karena kayaknya kok mubadzir akhirnya saya mencoba memasukkan tinta tersebut ke catridge canon warna hitam.  Setelah saya masukkan langsung muncul peringatan seperti dibawah ini.

canon ip2770

Ketika itu saya isi juga tidak penuh, akhirnya saya coba tambah tintanya dengan menggunakan tinta canon tapi tetap warning itu muncul. Asumsi saya, ini pasti ada masalah dengan tintanya, akhirnya saya coba kosongkan catridge canon tersebut dengan cara meniup lubangnya sampai habis. Ya akhirnya printer bisa mencetak lagi.

Masalahnya adalah, printer hanya mau mencetak dua kali saja dan setelah itu lampu orange berkedip lagi 5 kali lagi (masalah catridge lagi), saya coba bersihkan, isi lagi tinta dan lain sebagainya tetap tidak membuahkan hasil, bahkan jika dipasang catridge hitamnya, indikatornya terlihat bahwa catridge warna juga dianggap rusak, padahal tidak.

Lain halnya jika kita balik, tinta canon diisikan di catridge HP itu tidak bermasalah.  Saya pernah mencoba memasukkan tinta canon ke catridge HP all in one 2540 dan printer tetap mau mencetak dengan baik.

Kesimpulan :

Sebaiknya pakailah tinta printer dengan spesifikasi yang tepat, jika canon ya harusnya canon saja, jika HP ya HP saja.  Selain itu, pilihlah tinta printer dengan merk yang sudah lazim, karena jika tinta printer itu palsu bukan tidak mungkin juga merusak catridge. Catridge itu ternyata sangat sensitif dengan tinta dan tinta masing-masing catridge sudah diatur berapa kekentalannya, dan elemen-elemen lain yang saya juga tidak terlalu mengerti, akhir kata saya harus beli catridge canon black sekarang :berdukas

1 thought on “Menggunakan Tinta HP ke Catridge Canon

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.