Belajar Bahasa Jawa (Kerata Basa)

Kerata basa bisa diartikan sebagai asal usul dari sebuah kata ( asal usule tembung ).  Kerata basa ini biasanya diberikan arti menurut pituturnya dan disesuaikan dengan katanya.  Kerata basa ini menggunakan dasaran suku kata untuk membentuk suatu kalimat.  Contoh kereta basa :

GURU ( digugu lan ditiru )

digugu artinya dipatuhi, ditiru artinya dipanuti, jika digabungkan arti tersebut didapatkan dari tugas semestinya seorang guru yang harus menjadi tauladan bagi murid-muridnya dan murid harus patuh kepadanya.

WANITA ( Wani ing Tata )

Wani artinya berani, Tata artinya diatur. Wanita merupakan sebutan bagi perempuan dewasa yang biasanya sudah menikah, jadi wanita harus mau diatur oleh suaminya.

GARWA ( Sigaraning Nyawa )

Garwa artinya istri, sigaraning artinya belahan. Istri merupakan belahan nyawa, atau orang yang paling dekat dengan suaminya.

PERAWAN ( Yen Pepara Wayah Awan)

Pepara artinya bepergian, wayah awan artinya diwaktu siang.  Bagi orang jawa, tabu hukumnya jika ada anak gadis bepergian pada malam hari sendirian, sehingga dianggap anak gadis itu baiknya kalau mau bepergian sendiri ya harusnya siang-siang.

TUWA ( Ngenteni Metune Nyawa )

Tuwa artinya umurnya sudah tua, tinggal berdoa dan menunggu sampai ajal menjemput tiba.

SIRAH ( Isining Rah )

Sirah artinya kepala, sirah itu berisi ruh dari setiap orang, jika kepala orang sudah pisah dari badannya bisa dipastikan orang tersebut sudah mati.

WEDHANG (Dienggo Gawe Kadang )

Wedhang itu artinya minuman yang anget-anget seperti jahe, teh, kopi yang biasanya diedarkan ketika ada perjamuan tamu atau sekedar kumpul bareng, dan wedhang itulah yang bisa menjalin silaturahmi.

MANTU ( Dieman-eman Meksa Metu)

Meksa artinya memaksa, Metu artinya keluar, Mantu artinya menantu dimana lumrahnya mantu itu biasanya akan hidup mandiri dan tidak mengikut orang tua lagi (memaksa keluar).

SUWIDAK ( Sejatine Wis Wayahe Tindak)

Suwidak artinya 60, tahun ke 60 merupakan umur yang sudah tua dimana biasanya 60 itu sudah harus siap-siap dipanggil yang kuasa.

TANDUR (Nata Karo Mundur)

Tandur artinya menanam padi, orang yang menanam padi secara tradisional adalah dengan cara menata bibit padi dengan mundur.

BAPAK ( Bab Apa-apa Wes Pepak )

Bapak merupakan seseorang yang sudah dewasa dan diberikan karunia anak jadi pengalaman dan pahit getirnya hidup sudah dilaluinya.

Nah, itulah beberapa contoh kerata basa, jika ingin mencari kata-kata lebih banyak bisa di pepak bahasa jawa, atau pergi ke wikipedia https://jv.wikipedia.org/wiki/Kerata_basa  Terimakasih.

 

One thought on “Belajar Bahasa Jawa (Kerata Basa)

Leave a Comment