Jangan mencela, beri semangat yang ingin berubah

Jangan mencela. Setiap orang di dunia ini memiliki berbagai sifat, ada yang pendiam ada yang ceria bahkan ada juga yang suka mengomentari orang lain.  Setelah melalui bulan Ramadhan seharusnya amalan kita bisa semakin meningkat dan peningkatan itu membutuhkan perjuangan.  Banyak diantara kita yang sering menyerah karena di luar sana ada sebagian orang yang mematahkan semangat kita.

Jangan menjadi penghalang bagi orang yang ingin berubah.  Banyak diantara kita tidak sadar bahwa kita sering sekali menjadi penghalang bagi majunya orang lain. Misal saja ketika si fulan akan pergi ke masjid untuk shalat berjamaah dan ketika mereka lewat di depan rumah kita, kita malah bilang ” wah tumben, kamu jadi alim ” , atau misal si fulana yang sekarang berhijab , kita justru bilang ” kok tumben jadi sok alim ” , atau bahkan yang lebih buruk lagi terkadang ada yang lain mengomentari “alah, jilbab kok masih kayak gitu, mending gak usah pakai jilbab saja”.  Hal-hal tersebut pastinya akan menjadi penghalang bagi orang yang ingin berubah itu.  Hati-hati bisa jadi kita bisa masuk neraka karena mematahkan semangat orang lain tersebut.

Selain itu, jangan pernah ghibab dan menghina atau meremehkan orang lain, jangan mencela. Allah berfirman yang artinya :

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik.” (QS. Al Hujurat: 11)

Dari surat ini jelas bahwa bisa jadi ketika kita menghina atau meremehkan orang lain, bisa jadi kita lebih buruh dari mereka. Kita tidak berhak menghakimi orang lain karena yang menentukan baik dan buruknya manusia itu hanya Allah.  Sebisa mungkin kita bantu orang-orang yang ingin berubah tersebut.

Leave a Comment