Home > Renungan > 11 Penyakit dan Ulah Manusia yang menyebabkan Kematian

11 Penyakit dan Ulah Manusia yang menyebabkan Kematian

Dunia sedang heboh dengan adanya wabah COVID-19 atau disebut juga dengan corona. Mulai dari negara berkembang sampai negara maju sekalipun tidak luput dari serangan virus ini. Sudah lebih dari 2 juta orang terinfeksi oleh virus ini dan lebih dari 150 ribu orang diantaranya meninggal.

Virus ini memang berbahaya, tetapi jika dibandingkan dengan ulah manusia, perbuatan manusia jauh lebih berbahaya karena lebih banyak membuat orang lain meninggal.  Dikutip dari worldometer, Berikut adalah kasus penyebab kematian terbesar :

Aborsi

Kematian karena aborsi menurut worldometer per tahun ini sudah lebih dari 12 juta yang meninggal. Aborsi memang mungkin karena adanya penyakit, tetapi faktor manusia yang menyukai seks bebas merupakan faktor yang lebih dominan. Sehingga perilaku manusia lah penyebab terbesarnya.

Penyakit Menular ( Communicable disease )

Penyakit Menular ini disebabkan oleh virus atau bakteri. Menurut worldometer, per tahun ini sudah lebih dari 3,9 juta orang meninggal karena penyakit ini. Penyakit ini dapat menular melalui ludah, darah, sentuhan kulit, gigitan dari binatang dan lain sebagainya. Contoh dari penyakit  ini misalnya Kolera, Hepatitis, Typhoid, Tetanus, Flu, TBC.

Kanker

Kanker berada di posisi ketiga penyebab kematian terbanyak. Lebih dari 2,5 juta meninggal karena kanker. Walaupun tidak menular, tetapi pola hidup manusia sekarang ini disebut sebagai penyebab utama timbulnya kanker.

Merokok

Di Indonesia merokok bisa menjadi pro dan kontra akan halal dan haramnya, tetapi pada kenyataannya, merokok merupakan penyebab meninggal terbanyak setelah kanker. Dikutip dari worldometer, lebih dari 1,5 juta orang meninggal karena merokok. Jadi silakan yang masih menganggap halal rokok, tolong lihatlah fakta ini!. Jika memang masih sayang akan nyawa dan sanak saudara tolong berhentilah merokok.

Miras / Alkohol

Minuman beralkohol atau yang lebih dikenal dengan miras menempati posisi ke -5. Sudah ada 700 ribu orang meninggal karena Miras. Jadi, sebenarnya apa untungnya minum miras ?

HIV / AIDS

HIV / AIDS merupakan penyakit yang mematikan karena belum ada obatnya, jumlahnya per tahun ini sekitar 500 ribu orang telah meninggal. HIV / AIDS dapat dicegah dengan berperilaku hidup sehat, tidak melakukan seks bebas dan tidak menggunakan jarum suntik secara bergantian.

Kecelakaan

Kecelakaan fatal telah merenggut lebih dari 400 ribu orang dalam tahun ini. Jadi, berhati-hatilah dalam berkendara.

Bunuh Diri

Siapa sangka, dalam tahun ini sudah ada 300 ribu an orang yang telah bunuh diri.  Depresi dan kurangnya kepedulian terhadap sesama menyebabkan potensi bunuh diri ini terjadi. Jangan lupa untuk selalu beribadah dan tetap berkomunikasi terhdapat sesama, terlebih ditengah pandemi sekarang ini.

Malaria

Malaria telah membunuh lebih dari 250 ribu orang, wabah ini sudah dikenal sejak lama dan sudah ada obatnya. Akan tetapi, sanitasi yang buruk dan perilaku hidup yang tidak bersih memperburuk keadaan ini.

COVID 19

Covid – 19 atau yang juga dikenal dengan Corona Virus, telah menginfeksi lebih dari 2 Juta orang dan membuat 170 ribu diantaranya meninggal dunia. Karena cepatnya penularan virus ini diharapkan setiap orang membatasi dirinya dengan menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

Flu Musiman

Influenza musiman adalah penyakit saluran pernafasan akun yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini lebih umum terjadi selama periode Januari hingga Maret/April dan Juli hingga Agustus di Hong Kong. Tiga jenis virus influenza musiman telah diketahui dapat menginfeksi manusia, yaitu A, B dan C. Virus influenza A dapat dikelompokkan lebih lanjut dan virus influenza A (H1N1)pdm09 adalah salah satunya. Pada musim semi 2009, virus influenza A (H1N1)pdm09 virus muncul dan mengakibatkan penyakit pada manusia serta berujung pada pandemic pada pertengahan 2009. Virus influenza A (H1N1)pdm09 kini telah mencari strain virus influenza musiman di seluruh dunia. Penyakit ini sudah menyebabkan 140 an ribu orang meninggal

Sumber : https://www.worldometers.info/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *